oleh

Tidak Ada Anggaran Tambah Jaringan Telekomunikasi di Pedalaman

TIMIKA – Sebagaimana visi misi Bupati dan Wakil Bupati Mimika adalah mewujudkan Mimika Cerdas Aman Damai dan Sejahtera, maka salah satu implementasinya adalah menghadirkan layanan atau jaringan telekomunikasi di semua distrik dan kampung hingga di pedalaman.

Sayangnya program ini tidak bisa berjalan mulus karena terganjal alokasi anggaran. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Mimika, Abraham Kateyau yang ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan, Senin (1/2) kemarin mengatakan pihaknya sudah mengusulkan program pemasangan jaringan di distrik dan kampung tapi belum diakomodir.

Jadi target Pemda Mimika dalam hal ini Diskominfo untuk menjangkau semua kampung dan distrik dengan jaringan telekomunikasi belum bisa diwujudkan tahun ini. Padahal menurut Abraham, Tahun 2021 ini ada agenda PON sehingga untuk bisa menjangkau semua wilayah diperlukan jaringan telekomunikasi utamanya internet.

Layanan jaringan telekomunikasi dan internet dikatakan Abraham sudah menjangkau empat distrik pesisir dan pegunungan yakni Mimika Tengah yang terpusat di Atuka, Mimika Barat yang terpusat di Kokonao, Distrik Jita, Distrik Agimuga dan kampung di wilayah Distrik Tembagapura.

Diskominfo lanjutnya, berencana untuk melanjutkan program tersebut di tahun ini tapi terkendala anggaran. Bahkan alat yang akan dipasang di Iwaka sampai sekarang belum bisa dilakukan karena ketiadaan anggaran. Sementara untuk melibatkan operator telekomunikasi, Diskominfo belum ada komunikasi.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *