oleh

OPD Harus Laksanakan Program Sesuai Skala Prioritas

TIMIKA – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemda Mimika diminta bekerja profesional dengan menyusun program berdasarkan skala prioritas. Pelaksanaan program sesuai skala prioritas ini wajib dilaksanakan mengingat devisit anggaran di APBD 2021.

Ketua Komisi A DPRD, Daud Bunga, Selasa (2/2) mengatakan OPD diminta untuk mengeksekusi program berdasarkan skala prioritas agar mengakomodir kebutuhan yang penting dan yang mendesak dalam keadaan keuangan daerah.

“Kami harap OPD bisa melihat mana yang menjadi skala prioritas ini agar kebutuhan yang penting dan yang mendesaklah yang duluan dilaksanakan pemerintah,” ujarnya.

Politisi Partai Nasdem ini mengatakan sebagai wakil rakyat tentu saja pihaknya berharap agar pemerintah bisa melaksanakan apa yang menjadi aspirasi dari masyarakat. Baik di bidang pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

Dalam proses pelaksanaan program kerja di setiap tahun anggarannya, Daud juga menyoroti masih adanya beberapa OPD yang kurang produktif karena disinyalir masih melaksanakan dan mengulang program yang sama dari tahun sebelumnya.

Jika ini terus terjadi di setiap tahun anggaran, maka pemerintah tidak melihat kondisi nyata di tengah masyarakat dan tidak melihat apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Belum lagi OPD teknis juga tidak terperinci menyebutkan kebutuhan dalam membiayai program kerjanya sehingga tidak tuntas dan akan menyebabkan program tersebut tidak tuntas. Ini tentu akan membebani anggaran di APBD Perubahan bahkan anggaran di tahun berikutnya.

Daud menambahkan, dengan kondisi pemerintah yang kini kesulitan soal anggaran akibat dampak pandemi Covid-19, masyarakat juga diajak untuk paham dan mendukung pemerintah. Dengan turunnya anggaran dalam APBD di tahun 2021 ini sebesar hampir Rp 1 triliun, yakni dari Rp 4,3 triliun menjadi RP 3,6 triliun membuat banyak program pembangunan daerah dan masyarakat Mimika yang tertunda bahkan dibatalkan.

Menurutnya idealnya APBD 2021 sebesar Rp 5,2 triliun, barulah bisa mengakomodir semua kebutuhan baik operasional pemerintah maupun aspirasi warga Mimika.(ami)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *