oleh

Pemekaran Distrik Jadi Aspirasi Masyarakat

TIMIKA – Lajunya pertumbuhan penduduk menyebabkan masyarakat berkeinginan untuk dimekarkan wilayah baru tingkat distrik. Dengan keberadaan 18 distrik di Kabupaten Mimika saat ini, masyarakat berharap ada penambahan distrik baru setidaknya sampai 23 distrik.

Penambahan 5 distrik baru dengan proses pemekaran ini sepenuhnya didukung juga oleh wakil rakyat. Namun, yang harus diperhatikan oleh pemerintah yakni pemekaran ini harus dilakukan untuk kepentingan masyarakat.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi A DPRD, Daud Bunga, Selasa (2/2). Menurutnya, pemekaran 5 distrik baru harus dilakukan semata-mata untuk kepentingan masyarakat. Dari pemekaran Distrik ini diharapkan masyarakat bisa lebih makmur lagi dari sisi pemerataan pembangunan dan infrastruktur serta perekonomiannya.

“Kita optimis dan dukung jika pemekaran distrik ini diinginkan oleh masyarakat, dari 18 distrik ke 23 pemekaran distrik sepanjang untuk kepentingan masyarakat tentu saja kami dukung,” ujar Daud.

Politisi Partai Nasdem ini mengatakan sejalan dengan harapan pemekaran distrik, pada kesempatan agenda reses para anggota dewan, masyarakat juga kerap berharap pemekaran kampung. Dengan dalih ingin agar rentang birokrasi pemerintahan bisa lebih mudah dan efisien, Daud mengatakan harapan masyarakat ini juga bisa jadi pertimbangan pemerintah daerah.

Sama halnya dengan pemekaran distrik, untuk pemekaran kampung juga sebutnya diharapkan tidak jadi kepentingan oknum tertentu dan menjadi ambisi sesaat untuk mendapatkan keuntungan pihak-pihak tertentu.

“Sepanjang untuk mempermudah rentang birokarasi RT, Kampung kita dukung, tapi kalau untuk ambisi dan kepentingan sesaat jangan. Ini juga jadi aspirasi dari masyarakat ketika agenda reses,” jelasnya.

Aspirasi masyarakat untuk dimekarkan kampungnya sebut Daud seperti di beberapa kampung yang mendesak untuk dimekarkan contoh di Distrik Wania di Kampung Nawaripi yang ingin dimekarkan, penduduk signifikan dan perlu dimekarkan dan kampung-kampung di Kelurahan Kamoro Jaya (SP 1) yang juga sudah pantas dimekarkan.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *