oleh

Para Bupati Kembali Tegaskan Mimika Jadi Ibukota Papua Tengah

TIMIKA – Sebagai tindaklanjut dari proses pengaktifan kembali Provinsi Papua Tengah, para Bupati di wilayah adat Mee Pago kembali menggelar pertemuan yang diinisiasi Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH.

Pertemuan yang digelar di Hotel Grand Mozza, Kamis (4/2) itu untuk menegaskan Mimika adalah ibukota Provinsi Papua Tengah. Pertemuan ini dipimpin Bupati Mimika Eltinus Omaleng, Bupati Puncak Willem Wandik, Wakil Bupati Intan Jaya, Ketua DPRD Mimika, Ketua DPRD Puncak, tokoh masyarakat dan pejabat dari beberapa daerah.

Bupati Eltinus Omaleng menegaskan bahwa pertemuan itu sebagai lanjutan dari hasil kesepakatan tujuh Bupati pada 1 November 2019 lalu di Mimika. Diantaranya Bupati Mimika, Bupati Nabire, Wakil Bupati Paniai, Bupati Dogiyai, Wabup Deiyai, Bupati Intan Jaya dan Bupati Puncak.

Dalam pertemuan Bupati Omaleng membacakan hasil kesepakatan para kepala daerah saat itu dimana salah satunya menetapkan Mimika sebagai ibukota Provinsi Papua Tengah. Itu juga berdasarkan UU 45 Tahun 1999 tentang pembentukan Provinsi Irian Jaya Tengah yang berkedudukan di Mimika.

“Jadi jangan dibawa ke mana-mana dan bukan di mana-mana. Kesepakatan sudah ditandatangani, cap dan itu sah. Jadi ibukota di Mimika,” tegasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *