oleh

28 Ribu Bayi dan Balita Ditargetkan Dapat Vitamin A

TIMIKA – Sebanyak 28 ribu bayi dan balita di Kabupaten Mimika ditargetkan akan mendapat tetes Vitamin A pada pelaksanaan Bulan Vitamin A di Februari dan Agustus 2021.

Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika berharap, dari 28 ribu anak kelompok usia 6-11 bulan yang adalah 22 ribu anak bisa mendapat kapsul vitamin A biru dengan dosis 100 ribu internasional unit di bulan Februari ini. Harapan pemerintah, semua anak harus mendapatkan kapsul vitamin A ini.

Kadinkes, Reynold R Ubra, Sabtu (6/2) lalu dalam pencanangan Bulan Vitamin A di Kelurahan Wanagon, Distrik Mimika Baru mengatakan, dari target ini, kata Reynold sekurangnya 85 persen dari target bisa tercapai.

“Target untuk anak yang mendapatkan kapsul vitamin A baik kapsul biru maupun kapsul merah lebih kurang 5 persen dari total penduduk Kabupaten Mimika yakni 310 ribu jiwa atau sama dengan 28 ribu anak,” jelas Reynold.

Tanggung jawab bersama untuk mencapai target ini kata Reynold, diharapkan dapat dilaksanakan juga bersama dengan PKK tingkat kelurahan. Baik Ketua PKK tingkat kelurahan dengan dukungan masjid dan gereja juga diharapkan bisa memainkan peran ini, sehingga target anak yang mendapat vitamin A tercapai.

Lanjutnya, cakupan Vitamin A di tahun 2020 tidak mencapai 30 persen, karena sudah diperhadapkan dengan Covid-19. “Paling tidak kita di angka 85 persen tahun 2021. Kita bisa lihat cakupan setiap kelurahan. Kami harap ini bisa lebih baik meskipun kita masih diperhadapkan dengan pandemi covid-19,” imbuhnya. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *