oleh

Bupati: Pemekaran Mimika Setelah PPT Terwujud

TIMIKA – Pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH diminta tidak hanya fokus memperjuangkan Provinsi Papua Tengah, tetapi juga kelanjutan pemekaran Kabupaten Mimika. Itu disampaikan tokoh masyarakat dalam pertemuan yang digelar Kamis (4/2) di Hotel Grand Mozza Timika.

Perwakilan Lemasko, Dominikus Mitoro dalam pertemuan itu meminta Bupati Eltinus Omaleng juga memperjuangkan pemekaran Kabupaten Mimika Timur dan Kabupaten Mimika Barat. Sebab menurutnya usulan itu sudah, lama namun sampai sekarang ini belum juga terwujud.

Menjawab itu Bupati Omaleng mengatakan setelah pemekaran Provinsi Papua Tengah terwujud maka pemekaran kabupaten bukan hal yang mustahil lagi. Bahkan kata dia Mimika nantinya tidak hanya dimekarkan jadi tiga kabupaten tapi bahkan empat.

Ia mengungkapkan selain kabupaten induk sekarang ini nantinya akan dibentuk tiga daerah otonom baru yakni Kotamadya Timika, Kabupaten Mimika Barat dan Kabupaten Mimika Timur. “Jadi setelah Provinsi Papua Tengah ini, maka kita lanjutkan pemekaran kabupaten. Itu tujuan saya,” tegasnya.

Bupati Omaleng berharap masyarakat juga bisa satu suara dan sepakat dalam upaya pemekaran kabupaten agar bisa terwujud. Sebab Kabupaten Mimika memiliki wilayah yang sangat luas sehingga perlu pemekaran agar pembangunan bisa merata.

Makanya ditambahkan Bupati Omaleng, dalam dokumen Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang sudah disusun telah ditetapkan sejumlah kawasan ekonomi baru seperti Agimuga, Kapiraya hingga Potowaiburu. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *