oleh

KKSS Gelar Mukerda I, Hasilkan 28 Program Departemen dan 6 Program Prioritas

TIMIKA – Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) menetapkan setidaknya 36 program usai melaksanakan Musyawarah Kerja Daerah I KKSS yang digelar pada Minggu (7/2). Enam diantaranya dipastikan menjadi program prioritas.

Pimpinan Sidang Pleno dalam Mukerda I, H Munawir Yakub usai Mukerda I menyatakan, pengurus KKSS telah melewati sejumlah sidang pleno untuk menetapkan sejumlah program tersebut. “Dan hasilnya, ada 28 program di tujuh departemen dan enam program prioritas atau utama.  Sehingga totalnya ada 34 program,” ungkapnya.

Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, peserta Mukerda I tersebut disebutnya terdiri dari 50 orang. Peserta dibagi dalam tujuh komisi dan departemen. “Semuanya pengurus. Karena raker ini gaweannya pengurus. Yang membuat program sekaligus nanti akan melaksanakannya,” jelasnya.

Dijelaskan, dua dari enam program prioritas yakni pengadaan lokasi pembangunan kantor atau baruga. Dimana di dalamnya dirancang ada aula pertemuan termasuk sejumlah kantor pilar atau kabupaten yang dinaungi KKSS.

Selain itu, program prioritas lainnya adalah pembentukan KKSS tingkat cabang atau distrik. Antara lain distrik Mimika Baru, Wania, Mimika Timur, Mimika Barat, Kuala Kencana dan Tembagapura.

“Target kita juga membentuk pengurus di tingkat kampung. Tahun ini  kita mau mencoba 50 kampung yang ada warga KKSS. Supaya bisa terdata dengan baik warga kami,” terang Munawir Yakub.

Ketua KKSS Kabupaten Mimika, H Syamsuddin B menambahkan para Ketua-ketua KKSS sebelumnya telah sangat berusaha agar KKSS bisa berjalan dengan baik. “Kami juga berpikiran demikian. Apalagi kami punya warga ada sekitar 100 ribu di Timika,” katanya.

Dalam hal Mukerda I, ia menilai, meskipun belum berjalan secara maksimal, namun ia mengapresiasi panitia yang telah berusaha keras menjalankannya. Syamsuddin juga berharap hasil dari Mukerda I dimana setiap bidang diberikan tanggung jawab, dapat dijalankan dengan penuh tanggungjawab pula. “Sehingga hasil Mukerda ini berjalan sesuai tanggungjawab kita semua,” harapnya.

Ia berpesan, agar warga Sulawesi Selatan yang ada di Timika dapat bergandengan tangan dan mendukung program pemerintah salah satunya dalam hal penanganan Covid-19. Selama ini, ia menilai, warga Sulawesi Selatan yang ada di Timika telah merasakan keamanan dan kenyamanan dalam beraktifitas.

Syamsuddin juga berharap masyarakat Sulawesi Selatan yang ada di Timika dapat bergandengan tangan dengan warga dari suku lainnya. Dimana, setidaknya ada 24 suku di Timika dengan rincian masyarakat luar Papua ada 14 suku dan putra daerah ada 11 suku. “Selama ini semua berjalan damai, dan saling menghargai serta menghormati. Kami misalnya menurunkan satgas untuk Pengamanan Natal. Itu tandanya kami mendukung program menjaga Kamtibmas,” katanya.

Berkaitan dengan itu, ia juga mengungkap, pihaknya siap menerjunkan brigade KKSS jika sewaktu-waktu dibutuhkan baik oleh pemerintah daerah, aparat keamanan maupun organisasi lainnya. Dalam hal pengamanan. “Untuk membantu. Brigade kami ada 30 orang yang siap membantu program pemerintah. Misalnya bergabung dengan Satpol PP, kita siap,” tutupnya.(dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *