oleh

Bandara Baru Rencana Operasi Maret, Dishub Siapkan Area Parkir

TIMIKA – Terminal baru Bandara Mozes Kilangin yang dibangun Kementerian Perhubungan dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), rencananya mulai dioperasikan pada Maret 2021 mendatang. Pemda Mimika melalui Dinas Perhubungan menyatakan siap mendukung dengan menyediakan tempat parkir.

Kepala Dinas Perhubungan Mimika, Jania Basir Rantedanun yang ditemui di mile 32, Selasa (9/2) kemarin mengatakan tempat parkir sudah disiapkan tepat di depan gedung terminal. Hanya saja saat ini masih dalam proses penyelesaian tetapi dikebut dan harus selesai pada Maret mendatang. “Kita pasti dukung. Area parkir kita siapkan, kan tidak bisa difungsikan kalau lahan parkir tidak diselesaikan,” ujarnya.

Pegoperasian terminal baru membutuhkan area pakir yang luas, karena setelah terminal baru difungsikan maka maskapai seperti Garuda Indonesia, Sriwijaya Air kecuali Airfast Indonesia akan pindah ke terminal sisi selatan.

Selain mendukung pengoperasian bandara dengan membangun tempat parkir, Dishub Mimika juga memperluas tempat parkir pesawat atau apron yang pekerjaannya dilakukan Tahun 2020 lalu. “Apron sudah selesai, itu satu tahun anggaran hanya pembayarannya dilakukan dua tahun sampai Tahun 2021,” terangnya.

Sementara terminal penumpang yang dibangun Pemda Mimika masih sementara dikerjakan. Progresnya baru mencapai 40 persen. Proyek tersebut dikerjakan secara multiyears dan ditarget rampung pada Tahun 2022 mendatang.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *