oleh

Jumlah Pasien di Puskesmas Timika Jaya Dibatasi

TIMIKA – Selama masa pandemi Covid-19 jumlah kunjungan pasien ke Puskesmas Timika Jaya (SP 2) Distrik Mimika Baru dibatasi. Dalam sehari, total pasien yang berkunjung hanya sampai 50 orang. Hal ini dilakukan pihak Puskesmas untuk mengurangi kerumunan dan menghindari penyebaran Covid-19.

Kepala Puskesmas Timika Jaya, Maria Yosinta Rahangiar, Selasa (9/2) mengatakan selama masa pandemi pihaknya tetap memberikan pelayanan kesehatan seperti biasa. Hari pelayanan dimulai pada Senin sampai Sabtu dan para petugas terus berupaya untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kita masih batasi sekitar 50 pasien dalam satu hari, tidak bisa lebih selama masa pandemi Covid-19,” ujar Maria.

Pasien yang paling banyak berkunjung ke Puskesmas Timika Jaya adalah masyarakat lokal. Dalam setiap kunjungannya, masyarakat lokal masih banyak yang enggan menerapkan protokol kesehatan.

Melihat masih banyak masyarakat yang abai, sebutnya, pihak Puskesmas menyediakan masker gratis yang diberikan kepada pengunjung yang tidak mengenakan masker.

Walaupun menemui hambatan karena ada beberapa masyarakat yang menolak menggunakan masker kata Maria, namun petugas kesehatan khususnya bagian Promosi Kesehatan (Promkes) yang tidak henti-hentinya mensosialisasikan pentingnnya penerapan protokol kesehatan.

“Kami terus memberikan pemahaman kepada masyarakat soal kita harus terus jaga protokol kesehatan,” jelasnya.

Lanjut Maria, dari kunjungan masyarakat sampai awal Februari ini, penyakit yang masih mendominasi yakni malaria dan ISPA. Untuk kedua penyakit ini, malaria masih didominasi oleh pasien dewasa sedangkan ISPA didominasi oleh pasien anak-anak.

Ditambahkan Maria, selama masa pandemi Covid-19, selain tetap menjaga protokol kesehatan, masyarakat juga tetap diharapkan menjaga imun tubuh dengan memakan makanan yang bergizi dan mengaja pola hidup bersih dan sehat.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *