oleh

Korban Penembakan KKB Dievakuasi ke RSUD Mimika

TIMIKA – Korban penembakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada Senin (8/2) sekitar pukul 17.30 WIT lalu di Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, yang diketahui bernama Ramli NR (32 tahun), telah dievakuasi ke RSUD Mimika pada Selasa (9/2) pagi kemarin untuk mendapatkan penanganan medis.

Ramli dievakuasi menggunakan Pesawat Smart Air Aviation PK – SNK dan mendarat di Bandara Baru Mozes Kilangin Timika pada pukul 09.51 WIT kemarin. Ramli juga didampingi beberapa anggota keluarganya.

Setiba di bandara, korban dibawa ke RSUD Mimika dengan menggunakan Mobil Ambulance Klinik Tribrata Polres Mimika untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut

Kapolda Papua, Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw melalui Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Drs AM Kamal, SH dalam rilisnya yang di terima Radar Timika menjelaskan, berdasarkan keterangan saksi berinisial M yang merupakan istri korban, kejadian bermula saat pelaku  datang dari arah jalan belakang rumah korban kemudian mendatangi korban dan menyampaikan bahwa ingin menjual minyak tanah.

Selanjutnya korban lalu kemudian memanggil saksi M dan memberitahukan bahwa ada yang hendak menjual minyak tanah.

“Kemudian pelaku menyampaikan kepada saksi bahwa dia tidak membawa jerigen minyak tanah dan meminta jerigen kepada saksi, saat saksi hendak membalikan badan untuk mengambil jerigen, pelaku langsung menodongkan senjata kepada korban dan menembak korban dengan senjata api laras pendek. Selanjutnya pelaku melarikan diri,” jelas Kombes Kamal.

Melihat kejadian tersebut, saksi yang merupakan istri korban langsung berteriak meminta bantuan sehingga masyarakat yang berada disekitaran lokasi panik dan langsung berlarian.

Setelah menerima laporan, personel gabungan yang mendatangi TKP langsung mengevakuasi korban ke Puskesmas Bilogai untuk dilakukan tindakan medis.

Sementara itu, pasca kejadian penembakan itu, aparat gabungan TNI dan Polri terus meningkatkan kegiatan patroli di sekitar TKP dan Kota Sugapa, Kabupaten Intan Jaya.

* Kapolres Intan Jaya Sebut Pelaku Penembakan Diduga KKB Pimpinan Uginus Kogoya

Sementara itu, Kapolres Intan Jaya AKBP I Wayan G. Antara menduga pelaku penembakan terhadap warga sipil di Bilogai, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Senin (8/2) petang, adalah anggota KKB pimpinan Uginus Kogoya.

“Namun, untuk memastikannya, anggota masih melakukan penyelidikan,” kata AKBP Wayan Antara kepada ANTARA, Selasa.

Kapolres yang dihubungi Antara dari Jayapura melalui telepon selular itu mengatakan, di Intan Jaya memang ada beberapa KKB. Namun, yang melakukan penembakan di Bilogai diduga dari Uginus.

Guna menghindari terjadinya tindak kekerasan, termasuk penembakan, pihaknya mengimbau masyarakat untuk membatasi aktivitas.

Bila sudah petang, kata dia, tidak perlu membuka usaha atau kios. Begitu pula, dengan tukang ojek. Namun, beberapa di antaranya masih membandel. (tns/ant)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *