oleh

Bappeda: Rekomendasi BKPRD Syarat Mutlak Urus Izin Usaha

TIMIKA – Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika mulai ketat dalam menerbitkan izin usaha. Salah satu syarat yang harus dan wajib bagi setiap badan usaha, agar bisa mendapatkan perizinan adalah mendapatkan rekomendasi dan Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD).

Bappeda sebagai Koordinator Tim BKPRD Mimika sekarang ini tidak asal memberikan rekomendasi. Setiap pengusaha dipanggil untuk menjelaskan jenis usaha yang akan dijalankan. Seperti yang dilakukan pada Kamis (11/2) lalu. Di mana ada 61 badan usaha yang dipanggil. Bahkan sebelumnya, sudah ada 81 badan usaha yang terlebih dahulu diundang untuk mengikuti pertemuan dengan Tim BKPRD Mimika.

Sekretaris Bappeda Mimika, Hillar Limbong Allo yang ditemui usai pertemuan mengatakan, rekomendasi menjadi syarat mutlak untuk mendapatkan perizinan. Ini dalam rangka kesesuaian tata ruang yang sudah diatur oleh Pemda Mimika.

“Kami hanya memberikan rekomendasi tapi ini syarat mutlak, wajib dapat rekomendasi karena cek dulu sudah sesuai tata ruang tidak, sudah sesuai peruntukkannya,” tegasnya.

Sebelum menerbitkan rekomendasi, Tim BKPRD melakukan survey di lapangan untuk memastikan apakah memang sesuai atau tidak. Misalnya usaha bengkel, apakah cocok ketika dibuka di lingkungan pemukiman karena dampak yang ditimbulkan cukup banyak seperti kebisingan, hingga penanganan limbah yang harus ditangani secara khusus. Usaha toko juga demikian. Tidak masalah membua toko tapi dampak ikutan yang ditimbulkan harus ada penanganan.

Semua jenis usaha ditegaskan Hillar harus mendapat rekomendasi dari BKPRD. Entah itu skala kecil, menengah apalagi skala besar. Hanya  saja dari ratusan permohonan sebagian besar skala kecil dan menengah.

Dokumen permohonan pelaku usaha diverifikasi dan divalidasi secara ketat bahkan dikonfirmasi secara langsung kepada pimpinannya. Hillar mengatakan, kalau memang tidak sesuai tata ruang maka permohonan itu bisa ditolak. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *