oleh

Kampung Nawaripi ingin Wujudkan Mimpi Jadi Kampung Wisata

TIMIKA – Kampung Nawaripi Distrik Wania kini mulai mewujudkan mimpinya menjadi kampung wisata di Kabupaten Mimika. Jika selama ini imej Kampung Nawaripi identik dengan tindak kriminalitas yang dilakukan oleh oknum masyarakat dengan mengkonsumsi miras, maka kini masyarakat diajak sadar untuk ikut bersama-sama mewujudkan mimpi agar kampung mereka aman, damai dan menjadi kampung wisata.

Kepala Kampung Nawaripi Norbertus Ditubun, Senin (15/2) mengatakan untuk mewujudkan Kampung Nawaripi sebagai kampung percontohan wisata ia akan mulai mendatangi dua Kementrian yakni Kementerian Pariwisata dan Kementerian Pedesaan.

“Saya akan lobi di Kementerian Pedesaan dan Kementerian Pariwisata untuk maksud mewujudkan mimpi kami ini agar Kampung Nawaripi bisa menjadi kampung pariwisata,” ujarnya.

Dikatakan Nobertus, guna mewujudkan mimpi ini juga kini pihaknya akan membeli lahan untuk lokasi pariwisata, setelah dilakukan pemetaan wilayah adat dan administrasi. Adapun impian besar untuk merubah kampung yang jumlah penduduknya mencapai 10 ribu itu menjadi salah satu kampung yang mandiri yang memilih usaha sendiri jelas Nobertus, harus diwujudkan bersama-sama dengan masyarakat.

Sebab ungkapnya, kampung wisata adalah salah satu pilihan pengembangan ekonomi desa yang bisa ditangani oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam bentuk holding. Holding tuturnya berarti beberapa usaha yang menjadi satu dan menjadi jenis usaha dalam skala besar yang menguntungkan secara profit dan bisa melibatkan banyak orang alias masyarakat di kampung itu sendiri.

Menyadari jika menjadi kampung wisata bukan proses yang mudah karena melibatkan sebagian besar warga desa, maka tambahnya, keputusan membangun diri menjadi kampung wisata harus melalui proses musyawarah dan terutama membutuhkan kelompok pendobrak. Salahsatu kelompok masyarakat yang memiliki kemampuan mendobrak adalah Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *