oleh

Pelayanan Rapid Test Puskesmas Timika Jaya Dua Hari dalam Sepekan

TIMIKA – Puskesmas Timika Jaya melaksanakan pelayanan Rapid Test dan Rapid Antigen dalam dua hari dalam sepekan. Hari Senin dan Selasa adalah jadwal pelayanan rapid yang terbuka untuk masyarakat umum.

Kepala Puskesmas Timika Jaya, Maria Yosinta Rahangiar, Selasa (16/2) mengatakan pelayanan rapid test dan rapid antigen dilaksanakan dengan ketentuan dan instruksi serta SK dari Bupati Kabupaten Mimika. Dalam seharinya kata Maria, jumlah pasien yang melaksanakan pelayanan rapid test dan rapid antigen sebanyak 20-an orang.

“Dalam sehari kurang lebih 20-an orang dan kami laksanakan dua hari dalam satu minggu, harinya itu Senin dan Selasa,” ujar Maria.

Lanjutnya, untuk biaya pelayanan rapid test sebesar Rp 95 ribu dan rapid antigen Rp 270 ribu. Dijelaskannya, standar harga pemeriksaan rapid test juga sesuai dengan SK Kementerian Kesehatan menetapkan yang sudah menetapkan batasan tarif tertinggi pemeriksaan Rapid Test Antigen-Swab sebesar Rp250 ribu untuk Pulau Jawa dan Rp 275 ribu untuk luar Pulau Jawa. Ketetapan ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor HK,02.02/I/4611/2020 yang dikeluarkan per tanggal 18 Desember 2020.

Biaya ini tambahnya untuk SDM yang meliputi dokter spesialis Patologi, tenaga kesehatan baik yang melakukan pengambilan swab, pengolahan maupun tenaga yang membuat surat keterangan, biaya habis pakai seperti reagen, APD coverall, dan biaya administrasi.(ami)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *