oleh

Lindungi Pekerja OAP Melalui CSR, 8 Perusahaan Terima Award dari Pemda dan BPJAMSOSTEK

TIMIKA – Sebagai bentuk apresiasi atas kepeduliannya terhadap pekerja asli Papua, delapan perusahaan mendapat penghargaan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mimika dan BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK.

Delapan perusahaan tersebut mengalokasikan dana CSRnya untuk menanggung iuran pekerja asli Papua agar mendapat perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan melalui BPJAMSOSTEK. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, SSos MM didampingi Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mimika, Verry Boekan dan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Yulianus Sasarari di Pendopo pada Rabu (17/2) kemarin.

 

Adapun delapan perusahaan tersebut yakni PT Nemangkawi Jaya yang melindungi 1.000 orang pekerja, PT Jasa Prima Papua melindungi 1.000 orang, PT Jasti Pravita melindungi 500 orang, PT Putra Otomona Jaya melindungi 800 orang, PT Pontil melindungi 300 orang, PT Pengembangan Jaya Papua melindungi 50 orang, PT Eksplorasi Nusa Jaya melindungi 100 orang dan PT Kuala Pelabuhan Indonesia melindungi 3.000 orang.

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, SSos MM yang menyerahkan penghargaan tersebut sangat mengapresiasi perusahaan yang memiliki kepedulian sosial yang tinggi kepada masyarakat Mimika. Ia berharap perusahaan lain bisa melakukan hal yang sama, karena inipun sudah diamanatkan dalam Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2019.

Mimika menjadi kabupaten kedua di Indonesia yang sudah membuat Perda khusus soal perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Tim yang akan melakukan pengawasan bahkan sudah dibentuk dan Peraturan Bupati yang akan menjelasakan teknis dan detail dari Perda sedang disusun.

“Kita harap semua perusahaan di Mimika bisa ikut mengimplementasikan Perda, nanti ada tim yang akan awasi,” tegasnya.

Terutama mengenai kepedualian badan usaha terhadap pekerja rentan di Mimika dengan mengalokasikan CSRnya. Jika tahun ini ada 8 perusahaan yang menerima penghargaan, Wabup berharap tahun depan bisa terus bertambah.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mimika, Verry Boekan pada kesempatan itu kembali melakukan sosialisasi mengenai beberapa poin dalam Perda Nomor 4 Tahun 2019. Salah satunya pada Bab VI tentang Tanggungjawab Sosial Perusahaan yang diamanatkan menjalankan CSR untuk bantuan iuran bagi pekerja rentan peserta bukan penerima upah. Dimana cukup dengan Rp 16.800 maka peserta bisa mendapatkan dua manfaat yakni jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.(sun)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *