oleh

Puskesmas Timika Sasar 8000 Bayi dan Balita Penerima Vitamin A

TIMIKA – Bulan Vitamin A pada Tahun 2021 di Februari, Puskesmas Timika menyasar sebanyak 8000 bayi dan balita yang ada di wilayah kerjanya. Dari 5 Kelurahan dan 1 Kampung yang berada di wilayah kerja Puskesmas Timika, petugas kesehatan diberikan target minimal bisa memberikan vitamin A setidaknya kepada 80 persen dari total 8000 bayi dan balita.

Kepala Puskesmas Timika, dr Moses Untung saat dijumpai Radar Timika, Jumat (19/2) di Hotel Serayu mengatakan target pemberian vitamin A kepada bayi dan balita sebanyak 80 persen dari total 8000 orang ini dikarenakan masih ditemui beberapa kendala teknis di lapangan.

Walaupun tetap berharap jika semua bayi dan balita yang ada di wilayah kerja Puskesmas Timika bisa mendapatkan vitamin A, namun dengan adanya keterbatasan SDM dan bila melihat cakupan pemberian vitamin A di tahun 2020 yang hanya mencapai di bawah 30 persen, serta di tahun 2021 yang masih diwarnai dengan pandemi Covid-19, maka mencapai 80 persen dari jumlah bayi dan balita saja sudah sangat baik.

“Ya kalau bisa 100 persen itu labih baik. Tapi bila melihat cakupan penerima vitamin A tahun lalu yang di bawah 30 persen, maka 80 persen target kita tahun ini saja sudah sangat baik,” jelasnya.

Dikatakan, khusus untuk tahun lalu pemberian vitamin A yang masih jauh dari target bisa saja disebabkan karena strategi yang salah. Jika tahun sebelumnya pemberian vitamin A hanya dipusatkan pada kegiatan di Posyandu, di dalam gedung, padahal anak banyak di dalam rumah.

Melihat cakupan penerima vitamin A yang masih jauh dari target inilah sebut dr Moses, tahun ini pihaknya menerapkan strategi baru yakni menerapkan para kader Posyandu dan masyarakat yang mau membantu untuk bisa memberikan vitamin A kepada bayi dan balita yang belum mendapatkanya pada saat kegiatan Posyandu.

“Mudah-mudahan masih tersisa sampai sepekan di bulan Februari ini dari target yang mungkin 6000an bayi dan balita yang bisa mendapatkan vitamin A,” pungkasnya.(ami)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *