oleh

Pemda Mimika Putuskan Sementara Gunakan SIMDA

TIMIKA – Untuk mempercepat pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021 yang sempat terhambat dengan penerapan sistem baru yakni Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika memutuskan untuk sementara menggunakan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Mimika, Ir Yohana Paliling, MSi yang ditemui Radar Timika usai pertemuan dengan Badan Koordinasi Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mengatakan SIPD adalah sistem baru. Pada tahap awal, Pemda Mimika tidak ada masalah pada sistem perencanaan tapi setelah sampai pada tahap penatausahaan keuangan dan pelaporan ada banyak kendala karena fitur dari sistem itu belum lengkap.

Mengingat waktu, akhirnya Pemprov dalam hal ini Gubernur mengizinkan pada penatausahaan keuangan bisa kembali ke SIMDA. “Ini yang kita minta pendampingan dari BPKP untuk membantu kita supaya lebih cepat,” ujarnya.

Setelah pertemuan dengan BPKP, Tim Anggaran Pemerintah Daerah bersama OPD langsung fix-kan semua data dari SIPD untuk ditransfer ke SIMDA. Kemarin tersisa dua OPD dan dua distrik yang masih harus ada perbaikan namun sudah dituntaskan.

Pemda Mimika kata Yohana, meskipun baru tapi sudah bisa implementasikan SIPD. Bahkan di Papua selain Mimika hanya ada empat kabupaten yang bisa melaksanakan dan sampai pada tahap evaluasi di provinsi. Pemda Mimika sudah menyusun perencanaan menggunakan SIPD tinggal penatasahaan keuangan dan pelaporan yang belum karena dalam sistemnya juga belum sempurna. “Jadi sambil kita menunggu perbaikan sistem dari Kemendagri, kita menyesuaikan lagi, mudah-mudahan di perubahan sudah tuntas sehingga kita melanjutkan SIPD,” paparnya.

Setelah proses transfer data dari SIPD ke SIMDA yang ditargetkan rampung dalam dua hari maka menurut Yohana, APBD sudah final dan siap dibagikan ke OPD dalam bentuk Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA). “Teman-teman dari BPKP sudah menyampaikan bahwa tidak ada yang kita rubah. Semua yang ada di SIPD termasuk kode rekeningnya ditransfer,” tandasnya. (sun)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *