oleh

Belum Miliki UTD, PMI Tetap Bantu Masyarakat yang Butuh Darah

TIMIKA – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Timika belum memiliki sarana Unit Transfusi Darah (UTD) sebagai bank darah. Untuk itulah PMI selalu berupaya untuk berkoordinasi dengan UTD RSUD dan RSMM guna pemenuhan kebutuhan transfusi darah di Kabupaten Mimika.

Jaconis Manusiwa selaku Ketua Harian PMI Cabang Timika, Kamis (25/2) mengatakan sampai saat ini memang pihaknya belum memiliki sarana UTD yang kini baru dimiliki oleh RSUD dan laboratoriumnya ada di RSMM. Dua rumah sakit yang sering menggunakan darah untuk para pasiennya ini sebut Jaconis, juga masih sering kekurangan stok darah.

Untuk hal inilah, PMI sebutnya berusaha membantu agar masyarakat dapat memperoleh darah lewat koordinasi PMI dengan dua rumah sakit tersebut serta perusahaan dan masyarakat sebagai pendonor.

“Di Tahun 2021 ini kami mau duduk bersama dengan RSUD, RSMM supaya kegiatan donor kita bisa mengetahui bahwa ada kebutuhan darah di salah satu rumah sakit yang harus ditangani,” ujarnya.

Dalam pengambilan darah sebutnya juga tidak bisa diambil semaunya saja, sebab ada batas kadaluarsa dari darah itu sendiri.

Untuk itulah sebutnya, jika pengambilan darah hanya lewat satu pintu saja, maka bisa diketahui bahwa stok darah yang ada di RSUD dan RSMM, pihak PMI bisa memprioritaskan kebutuhan darah.

“Kami bisa lihat sehingga nantinya darah yang diambil tidak menjadi hal yang ketika habis masanya dibuang, ini yang nantinya kami dari PMI akan berusaha untuk berkoordinasi kembali dengan dua rumah sakit ini supaya kita bisa memenuhi kebutuhan darah di Timika,” jelasnya.

Ditambahkan Jaconis, sampai hari ini juga ada tiga sampai empat orang yang langsung ke Kantor PMI untuk mempertanyakan apakah ada stok darah. Kepada masyarakat, PMI selalu menyebutkan jika tidak mempunyai UTD dan otomatis tidak mempunyai stok darah. Untuk itulah, kedepannya dengan koordinasi bersama pihak terkait, maka kebutuhan darah akan teratasi di Kabupaten Mimika.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *