oleh

Dinas Perikanan Rencana Uji Coba Lelang Ikan di PPI Pomako Bulan Depan

TIMIKA – Setelah menuai sorotan karena tidak memberikan kontribusi bagi daerah, Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di kawasan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Pomako  dalam waktu dekat akan segera difungsikan.

Peraturan Daerah (Perda) sebagai dasar hukum pengoperasian dan penarikan retribusi sudah mendapat nomor registrasi sehingga Dinas Perikanan Mimika berencana mulai melakukan uji coba pelelangan ikan pada pertengahan bulan Maret mendatang.

Kepala Dinas Perikanan Mimika, Leentje Siwabessy yang ditemui di ruang kerjanya, Rabu (24/2) lalu mengatakan Perda sudah mendapat nomor registrasi setelah melalui proses yang cukup panjang. Sosialisasi sudah dilakukan dan Perda siap diterapkan.

Leentje optimis dengan diberlakukannya Perda Tempat Pelelangan Ikan di Pomako akan mampu menambah penghasilan bagi daerah karena hasil tangkapan cukup banyak. Hanya selama ini tidak dikenakan retribusi karena belum ada Perda.

Dengan akan dioperasikannya TPI maka semua kapal ikan harus berlabuh dan membongkar hasil tangkapannya di PPI Pomako untuk dihitung kemudian dikenakan retribusi. Penjualan ikan semuanya harus lewat TPI. Ada dua jenis lelang yakni terbuka dan hitung di kontainer. Dipastikan semuanya dikenakan retribusi yang dibayar ke kas daerah.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *