oleh

Proyek Jalan Cenderawasih, Sudah Dikerja Rp 80 M Tapi Baru Terbayar Rp 16 M

TIMIKA – Pelebaran Jalan Cenderawasih merupakan salah satu proyek prioritas Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mimika. Jadi tak heran, proyek ini mendapat kebijakan anggaran yang juga menjadi prioritas. Tapi saat refokusing dan realokasi anggaran untuk penanganan Covid-19, anggaran proyek Jalan Cenderawasih juga terdampak.

Lanjutan pelebaran Jalan Cenderawasih untuk segmen SP 2 – Check Poin Kuala Kencana menggunakan kontrak multiyears selama tiga tahun mulai Tahun 2020, Tahun 2021 dan Tahun 2022. Total nilai kontraknya Rp 278.303.000.000 yang dimenangkan oleh PT Delta Batarajaya Jasa Konstruksi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Robert Mayaut yang ditemui di Hotel Horison Diana Timika usai menghadiri salah satu kegiatan, Kamis (25/2) kemarin mengatakan pada Tahun 2020 sudah dianggarkan Rp 80 miliar. Tapi setelah berkontrak dilakukan refokusing sehingga tersisa Rp 16 miliar.

Jadi dikatakan Robert, pihaknya membayarkan sesuai dengan ketersediaan anggaran yakni Rp 16 milar. Meskipun dari sisi bobot pekerjaan yang dilaksanakan oleh kontraktor sudah mencapai Rp 80 miliar. “Tahun 2020 harusnya berhak dapat Rp 80 miliar tapi direalokasi jadinya Rp 16 miliar tapi kontraktor sudah bekerja itu sudah senilai Rp 80an miliar,” terangnya.

Karena kontraknya multiyears kata Robert memang seharusnya proyek terus dikerjakan. Tapi dalam kontrak juga tidak hanya menekankan soal pekerjaan. Namun pemberi kerja dalam hal ini Pemda Mimika melalui Dinas PUPR juga harus memenuhi kewajiban membayar sesuai dengan bobot yang sudah dikerjakan.

Tapi dengan kondisi yang tidak normal seperti sekarang ini, dimana dampak pandemi Covid-19 sehingga harus dilakukan refokusing dan realokasi bahkan anggaran defisit maka pembayaran belum bisa dilakukan menyesuaikan dengan bobot. “Jadi kalau mau push dia (kontraktor), betul harus tetap kerja tapi kontraktor juga membutuhkan dana untuk membiayai kegiatan lanjutan,” ungkapnya.

Tahun ini Dinas PUPR kembali mengalokasikan anggaran untuk pembayaran proyek Jalan Cenderawasih. Tapi sepertinya belum bisa menyesuaikan dengan bobot pekerjaan yang sudah dikerjakan. Robert mengungkapkan tahun ini sudah dianggarkan sekitar Rp 45 miliar.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *