oleh

Aparat Keamanan dan Masyarakat Sinergi Bangun Pos Peka di SP3

TIMIKA- Dalam rangka mewujudkan keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat kondusif, maka peran Bhabinkamtibmas sangatlah diperlukan.

Sejauh ini Polres Mimika dalam programnya yakni melibatkan masyarakat, dalam menjaga kamtibmas di lingkungan tempat tinggal masing-masing, dengan menggiatkan kembali sistem pengamanan swakarsa.

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Kelurahan Karang Senang, Bripka Betty Rumaset dan Babinsa, Serda Rabani Ohoitenan Sabtu (27/2) lalu, bersinergi dengan masyarakat di RT 16, Kelurahan Karang Senang, Distrik Kuala Kencana untuk bersama-sama mendirikan Pos Peduli Keamanan (Peka).

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, SIK melalui Pjs Kasubag Humas Polres Mimika, Ipda Hempi Ona kepada Radar Timika, menjelaskan bahwa pembangunan pos Peka itu, merupakan keinginan dari warga setempat.

“Bahkan anggarannya pun dari swadaya warga yang ada di RT 16 itu sendiri. Sebab pembangunan pos Peduli Keamanan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warga masyarakat menjaga lingkungan. Karena kepedulian masyarakat terhadap kamtibmas sangat diperlukan,”jelasnya.

Sehingga Pjs Kasubag Humas Polres Mimika itu, berharap agar dengan gencarnya pembangunan pos Peka di masing-masing lingkungan. Bisa menjadi contoh kepada masyarakat yang lain untuk dapat juga membangun pos Peka, yang merupakan wujud nyata dari sistem pengamanan swakarsa di tengah-tengah masyarakat guna keamanan dan ketertibn bersama.

“Karena kalau lingkungan aman, maka masyarakatnya tenang dan angka kejahatan pun bisa kita tekan,”ucap Ipda Hempi. (tns)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *