oleh

2.304 Nakes sudah Terima Vaksin Dua Kali, Satu Terpapar Covid-19

TIMIKA – Vaksinasi tahap pertama yang menyasar tenaga kesehatan hampir tuntas. Sebanyak 2.304 Tenaga Kesehatan (Nakes) sudah menerima dua dosis vaksin atau 89,54 persen dari sasaran 2.573 orang yang ditentukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Untuk mempercepat cakupan vaksinasi bagi tenaga kesehatan, Dinas Kesehatan Mimika kembali menggelar vaksinasi massal bagi Nakes pada Selasa (2/3) di Gedung Tongkonan. Vaksinasi massal ini ditujukan kepada Nakes dari fasilitas kesehatan swasta di Mimika dengan melibatkan tim vaksinator dari 6 Puskesmas.

Tim juga di-backup oleh Pokja KIPI atau Kejaian Ikutan Pasca Imunisasi yang terdiri dari para dokter di Puskesmas dan rumah sakit untuk memantau kejadian ikutan yang serius dan non serius. Sebagian besar kejadian ikutan yang dialami orang yang sudah divaksin non serius seperti keluhan sakit pada bagian tubuh yang disuntik.

Kemudian selain tim Puskesmas kita di-backup Pokja kejadian ikutan pasca imunisasi itu terdiri dari para dokter di Puskesmas dan rumah sakit untuk memantau kejadian ikutan yang serius dan non serius. Kejadian ikutan itu non serius. Kepala Dinas Kesehatan Mimika, Reynold Ubra yang ditemui saat memantau proses vaksinasi mengungkapkan adanya laporan dari Pokja KIPI dimana ada Nakes yang sudah menerima dosis kedua kemudian dinyatakan terpapar Covid-19. Tracing sedang dilakukan.

Dengan kejadian ini, Reynold menegaskan kepada seluruh penerima vaksin termasuk para Nakes untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Vaksin dilakukan untuk melindungi diri sendiri dan juga orang lain. Juga untuk melihat seberapa besar efektifitas dan efikasi vaksin.

Sejauh ini Mimika sudah menerima 6.120 vial vaksin. Yang sudah terpakai 5.090. Tersisa sekitar 1.030 vial yang akan digunakan untuk vaksinasi bagi tenaga kesehatan yang berada di pesisir dan pegunungan. Vaksinasinya tetap dipusatkan di kota karena masalah jangkauan dan yang terpenting kata Reynold, lebih memudahkan untuk memantau kejadian ikuran pasca imunisasi.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *