oleh

Dinkes Siapkan Tiga Skenario Vaksinasi Pelayan Publik

TIMIKA – Vaksinasi tahap kedua segera dimulai. Sasarannya adalah pelayan publik mulai dari ASN, TNI, Polri, pegawai bank dan wartawan. Rencananya dimulai pekan depan. Data calon penerima vaksin sedang dikumpulkan dan Dinas Kesehatan menyiapkan tiga skenario.

Kepala Dinas Kesehatan Mimika, Reynold Ubra mengungkapkan sebanyak 160 tim vaksinator untuk pelayan publik sudah disiapkan. Ada tiga pendekatan yang dipersiapkan. Pertama pelayanan vaksinasi di fasilitas kesehatan. Tapi untuk calon penerima vaksin dengan komorbid dan usia di atas 60 tahun dirujuk ke RSMM dan RSUD Mimika agar terpantau.

Kedua, untuk TNI dan Polri sudah diputuskan menunjuk semua faskes milik TNI dan Polri untuk menjadi pusat pelayanan vaksin bagi anggota TNI dan Polri maupun pelayan publik lainnya. Pendekatan ketiga, vaksinasi dilakukan secara massal yang direncanakan di tiga tempat yakni Gedung Tongkonan, Graha Eme Neme Yauware dan Kantor Pusat Pemerintahan. Ada juga tim mobile ke beberapa tempat.

Vaksin untuk pelayan publik sampai saat ini belum tersedia. Makanya pendataan dilakukan dan diinput pada aplikasi untuk mengetahui seberapa besar kebutuhan. Diperkirakan mencapai 18 ribu dosis sampai 20 ribu dosis vaksin bagi pelayan publik.

Kebutuhan itu dipastikan bertambah karena kebutuhan anggota TNI dan Polri. Apalagi adanya Satgas pengamanan yang bertugas di Tembagapura. “Vaksin belum dikirim. Kita di Papua masih belum, kita masih menunggu petunjuk dari Dinkes Provinsi Papua. Tim sudah siap untuk digerakkan menerima vaksin,” ujarnya.(sun)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *