oleh

KPP Pratama Gelar Pekan Panutan SPT Tahunan secara Virtual

TIMIKA – KPP Pratama Timika menyelenggarakan kegiatan Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi secara virtual bertajuk “Sinergi Untuk Pemulihan Ekonomi” dengan media zoom meeting, Kamis (4/3). Kegiatan kali ini bertujuan untuk mengingatkan Wajib Pajak (WP) tentang pentingnya melaporkan SPT Tahunan, terutama bagi Pimpinan Organisasi dan Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Mimika dan Pimpinan Satuan Kerja Unit Vertikal di Kabupaten Mimika, dikarenakan mereka adalah role model bagi pegawai di setiap instansinya.

Pada Pekan Panutan kali ini Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng, berkesempatan hadir dan menyampaikan sambutan pada sesi pembukaan acara.

“Pembangunan Nasional Indonesia pada dasarnya dilakukan oleh masyarakat bersama-sama Pemerintah, oleh karena itu peran masyarakat dalam pembiayaan pembangunan harus terus ditumbuhkan dengan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kewajiban membayar pajak,” kata Bupati Omaleng dalam sambutannya.

Kepala KPP Pratama Timika, Tirta, dalam sambutannya pada kegiatan ini menyebutkan bahwa, kepedulian pimpinan daerah terhadap pelaporan SPT Tahunan sangat penting, karena pemimpin adalah contoh atau role model, dengan telah memberikan contoh yang baik, lapor SPT di awal waktu, maka akan dapat menggerakkan seluruh pegawai lain di jajaran pemerintahan daerah untuk lapor SPT.

Ditambahkan juga bahwa pemberian penghargaan kepada beberapa WP kriteria pembayaran pajak besar tahun 2020 pada kegiatan Pekan Panutan kali ini, merupakan bentuk apresiasi KPP kepada WP yang telah peduli dan bertanggungjawab atas pelaksanaan hak dan kewajiban perpajakan mereka.

Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 90 peserta dari berbagai instansi dan perwakilan WP, dimulai dengan pemutaran rekaman lagu Tanah Papua yang dibawakan oleh salah satu pegawai KPP Pratama Timika yang berasal dari Nabire, Jonathan Eka Widayat Iji. Dilanjutkan dengan pembacaan doa dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta sambutan Kepala KPP Pratama Timika dan sambutan Bupati Kabupaten Mimika.

Sebelum acara inti, yaitu simbolis pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mimika, diadakan dialog perpajakan dengan materi berjudul Peran Serta ASN (Aparatur Sipil Negara) Dalam Mewujudkan Masyarakat Sadar Pajak yang disampaikan oleh Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan, Ali Syapeih dengan Moderator Sigit Budhiarto, Account Representative KPP Pratama Timika.

Disampaikan bahwa ASN memiliki peran penting dalam mewujudkan masyarakat sadar pajak dikarenakan ASN merupakan panutan dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga dengan ASN menyampaikan laporan SPT Tahunan, diharapkan dapat menjadi contoh dan menggerakkan masyarakat untuk lapor SPT. Peserta sangat antusias dengan acara dialog ini, terbukti dengan adanya beberapa pertanyaan dari peserta kepada narasumber.

Setelah simbolis pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Bupati dan Wakil Bupati, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada 26 Wajib Pajak dengan kriteria kontribusi pembayaran pajak besar tahun 2020. Sebagai penutupan kegiatan, kembali diputarkan rekaman lagu-lagu yang dibawakan oleh Pegawai KPP Pratama Timika.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *