oleh

Pelayanan di RSMM Tetap Berjalan dengan Prokes

TIMIKA – Di masa pandemi Covid-19, pelayanan kesehatan yang dilakukan di RSMM tetap dilakukan dengan maksimal. Namun, pelayanan kesehatan yang dilakukan tetap dengan mengedepankan penerapan protokol kesehatan yang cukup ketat. Semua pasien maupun pengunjung wajib mengenakan masker di area rumah sakit.

Ketua Yayasan Charitas Timika, Leonardus Tumuka, Senin (8/3) di ruang kerjanya mengatakan sejak pandemi Covid-19 muncul ke permukaan di awal tahun 2020 lalu, pihak RSMM sudah menerapkan protokol kesehatan yakni mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan membatasi jumlah pembesuk maupun penjaga pasien.

Walaupun hingga kini pandemi belum berakhir, namun pelayanan kepada masyarakat lokal maupun pendatang tetap dilakukan dengan semaksimal mungkin. Agar penyebaran Covid-19 tidak meluas di rumah sakit, maka sesuai kebijakan pemerintah, penerapan protokol kesehatan tetap dilakukan, yang paling utama adalah mengenakan masker bagi siapa saja yang datang berkunjung ke area rumah sakit.

“Pembatasan tetap berlaku, tapi setiap pasien yang masuk ke rumah sakit wajib menggunakan masker,” jelasnya.

Selain penerapan protokol kesehatan, sesuai kebijakan rumah sakit, ada satu lokasi yakni Bangsal Maria yang digunakan khusus untuk tempat isolasi pasien Covid-19 dan pasien maupun pengunjung lain dilarang untuk berada di sekitar lokasi ini.

Dikatakan Leo, mengingat masih banyak masyarakat yang abai terhadap penerapan protokol kesehatan, pihaknya khusus di bidang promosi kesehatan tidak henti mengingatkan pasien dan pengunjung agar mengenakan masker. Dimana, syarat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan adalah pasien menggunakan masker.

“Artinya kita tidak membatasi orang untuk mendapatkan perawatan, tapi kita juga harap masyarakat memahami bahwa penyakit (Covid-19) ini menyebarnya sangat cepat, maka edukasi penting, mengenakan masker di area RSMM ini wajib,” jelasnya.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *