oleh

Kapolda Papua Pastikan Penanganan Kasus Harus Bisa Selesai

TIMIKA – Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri menyatakan pihaknya masih akan mempelajari sejumlah kasus yang ditangani Polda Papua. Ia berjanji, akan mendorong penanganan kasus-kasus yang masih tertunda agar bisa terselesaikan.

Kapolda Mathius Fakhiri, Senin (15/3) malam menyatakan hal tersebut usai ditanyai mengenai penanganan perkara kasus Sentra Pendidikan yang ditangani Polda Papua. “Nanti akan saya tanya kepada yang menangani ya. Mohon maaf, setelah selesai (pelantikan), saya masih melakukan kunjungan salah satunya kemari,” ujarnya.

“Tadi memang saya ada di WhatsApp oleh beberapa wartawan mungkin, atau tokoh masyarakat menanyakan kasus-kasus. Tetapi saya belum bisa berkomentar, karena harus saya cek satu-satu. Dan saya akan dorong penanganan kasus-kasus harus bisa selesai,” sambung Kapolda Mathius.

Ia menyatakan, penyelesaian kasus-kasus toh bisa selesai lewat macam-macam cara, seperti melalui pengadilan atau menurut penilaian penyidik tidak bisa diteruskan. “Ini yang saya harus tanya kepada mereka,” katanya.

Kapolda Mathius melanjutkan, baik Kapolda maupun Kapolres tidak bisa mengintervensi penyidik, karena penyidik telah diberikan kewenangan untuk menyelesaikan tupoksinya. “Ini tidak boleh kami tabrak ranah-ranah itu,” ungkapnya.

Namun, katanya, jika penyidik melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan ketentuan undang-undang, pihaknya akan mengambil langkah tegas. “Sehingga kepastian hukum itu bisa didapatkan oleh masyarakat,” tutupnya. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *