oleh

Balai Diklat Keagamaan Gelar Pelatihan Manajemen Zakat

TIMIKA – Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Provinsi Papua mengadakan kegiatan pelatihan manajemen zakat kepada unsur terkait dengan bekerja sama Kementerian Agama Kabupaten Mimika.

Ketua Bidang Fatwa MUI Provinsi Papua, Dr H Moh Wahib, Lc MA, Rabu (17/3) mengungkapkan mengharapkan ASN Islam di Kemenag Kabupaten Mimika dapat menjalankan Surat Edaran Kakanwil terkait pemungutan zakat profesi dan dapat menjadi model pungutan zakat untuk OPD, Lembaga, BUMN maupun BUMD yang lain.

Dijelaskannya, dalam zakat diharapkan ada progress. Unit Pengumpul Zakat (UPZ) baik UPZ di masjid maupun mushola  dengan menjalin komunikasi dan koordinasi dengan pengurusnya dapat didukung oleh Dewan Masjis Indonesia ( DMI).

Selain itu, adanya zakat yang dikelola oleh Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) juga diharapkan kelak dari penerima zakat (mustahiq) dapat berubah menjadi pemberi zakat (muzakki).

Selanjutnya adapun manfaat wakaf dan potensinya yakni bahwa Badan Wakaf Indonesia (BWI) tingkat Provinsi Papua telah terbentuk. BWI membantu tugas pemerintah dalam pemberdayaan wakaf di kabupaten dan kota dengan melihat potensi wakaf untuk mempercepat proses tanah wakaf di masjid dan mushala.

Dan ia mengharapkan BWI dapat segera terbentuk di Kabupaten Mimika, dan diketuai seorang tokoh yang dapat mengakomodir, bekerjasama dan memiliki kepedulian terhadap umat. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *