oleh

PMI Bantu Masyarakat Terdampak di Intan Jaya

TIMIKA – Palang Merah Indonesia (PMI) mendistribusikan bantuan berupa obat-obatan, dalam membantu masyarakat terdampak  situasi yang terjadi di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Sejumlah barang bantuan PMI berupa obat-obatan ini disalurkan ke beberapa klinik yang ada di Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Ketua Harian PMI Mimika, Jaconis Manusiwa kepada Radar Timika, Kamis (18/3) menyebutkan, barang bantuan yang didistribusikan kepada masyarakat terdiri dari obat-obatan, masker kain, masker bedah, pakaian, mesin pemotong rumput, dan sembako yang berupa beras, gula, garam, mie instan.

Bantuan ini sebutnya merupakan distribusi bantuan tahap awal PMI, dalam rangka merespon situasi dan kondisi yang terjadi di Intan Jaya, Papua.

Senada dengan hal itu, Zakius Degei selaku Ketua Harian PMI Provinsi Papua mengungkapkan, jika PMI selalu membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan, termasuk di Kabupaten Intan Jaya.

“Mudah-mudahan PMI bisa terus membantu masyarakat dalam melaksanakan mandat dan tugas-tugas kemanusiaan, dalam respon situasi dan kondisi yang terjadi akhir-akhir ini,” ujarnya.

Sementara itu, menurut Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Pusat, Arifin M Hadi, mengatakan giat distribusi tahap awal ini dilakukan dengan 2 kali pengiriman.

“Pengiriman pertama di Hari Selasa sekitar 809 kilogram, dan pengiriman kedua pada Rabu sekitar 545 kilogram. Jadi total yang kami distribusikan untuk Kabupaten Intan Jaya, pada tahap awal ini mencapai 1 ton 3 kwintal 54 kilogram,”  kata Arifin.

Arifin menambahkan, PMI tidak hanya membantu di Intan Jaya. Namun, PMI juga akan melakukan penguatan kapasitas PMI, Khususnya PMI Intan Jaya dan PMI penyangganya yaitu PMI Mimika dan Nabire.

“Penguatan PMI ini difokuskan untuk meningkatkan kapasitas layanan kemanusiaan apabila diperlukan sewaktu waktu, termasuk penyiapan personal medis, dan PSP di Kabupaten Nabire,” jelas Arifin.

Di samping itu, misi kemanusiaan PMI dalam membantu masyarakat mendapat dukungan dari Komite Palang Merah Internasional (ICRC), dalam respon situasi dan kondisi yang terjadi akhir-akhir ini di Kabupaten Intan Jaya, Papua. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *