oleh

PT KPI Masuk Nominasi Paritrana Award

TIMIKA – Kabupaten Mimika kembali memiliki perwakilan di ajang penghargaan tertinggi Paritrana Award yang digelar BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK. PT Kuala Pelabuhan Indonesia atau PT KPI terpilih sebagai salah satu nominasi pemenang Paritrana Award Tahun 2020 dari kategori badan usaha berskala besar.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mimika, Verry Boekan kepada Radar Timika melalui telepon mengatakan, pemilihan nominasi berdasarkan penilaian berjenjang yang dilakukan juri tingkat kabupaten, provinsi hingga tingkat nasional.

Seleksi terakhir dilakukan oleh juri tingkat nasional di Jakarta yang dikoordinir langsung oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI. 9 badan usaha yang masuk nominasi telah memasuki tahap penjurian di tingkat nasional.

Pada Rabu (17/3) lalu bertempat di Hotel Doubletree Hilton Jakarta, Direktur Utama PT KPI, Jibril Muchtar Bahar hadir langsung untuk melakukan pemaparan materi di hadapan juri nasional yang diketuai Hotbonar Sinaga selaku pakar asuransi dan jaminan sosial yang juga mantan Dirut BPJAMSOSTEK. Anggota juri terdiri dari unsur pemerintah, serikat pekerja, asosiasi pengusaha, akademisi dan internal BPJAMSOSTEK.

Verry mengungkapkan Paritrana Award adalah penghargaan jaminan sosial ketenagakerjaan yang diberikan kepada pemerintah dan badan usaha yang memiliki komitmen dan kependulian yang tinggi terhadap perlindungan tenaga kerja bahkan masyarakat pekerja dari risiko ekonomi.

Salah satu keunggulan PT KPI sehingga masuk nominasi karena kepeduliannya pada masyarakat pekerja yang rentan khusunya masyarakat asli Papua di Kabupaten Mimika melalui skema CSR. Dimana PT KPI menanggung atau membayarkan iuran BPJS Ketenagakerjaan kepada 3.000 pekerja rentan masyarakat asli Papua.

Sehingga menurut Verry, PT KPI sudah mengimplementasikan Peraturan Daerah Kabupaten Mimika Nomor 4 Tahun 2019 yang mewajibkan seluruh badan usaha yang beroperasi di Mimika untuk membayarkan iuran BPJS Ketenagakerjaan kepada pekerja rentan asli Papua. Perda ini juga sebagai bukti kepedulian dan perhatian dari Pemda Mimika kepada masyarakat asli Papua.

Pemenang Paritrana Award akan diumumkan sekitar Bulan Juli 2021. Pemenang akan diundang langsung ke Istana Negara untuk mendapat penghargaan langsung dari Presiden RI. Selain penghargaan juga mendapat hadiah berupa uang tunai dan kendaraan roda empat. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *