oleh

Pemda Bangun 116 Rumah Sehat

TIMIKA – Meski anggaran mengalami refokusing akibat Covid-19, namun Tahun 2020 lalu, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mimika telah menyelesaikan pembangunan 116 unit rumah sehat layak huni. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Mimika, Yunus Linggi yang ditemui di kawasan Jalan Yos Sudarso ketika melakukan jumat bersih, Jumat (19/3) kemarin.

Yunus Linggi mengungkapkan pembangunan rumah sehat pada Tahun 2020 sebagian besar menggunakan APBD Mimika sebanyak 107 unit. Ada juga yang bersumber dari dana Otsus sebanyak 9 unit. Jadi totalnya 116 unit rumah yang diperuntukkan bagi masyarakat.

Sebanyak 116 unit rumah itu merupakan tipe 45. Pembangunan dilakukan pada tujuh distrik diantaranya Mimika Barat, Mimika Timur, Wania, Kuala Kencana, Mimika Baru, Iwaka dan Kwamki Narama. “Pekerjaan sudah selesai, tapi dananya mengalami refokusing jadi baru dibayarkan tahun ini,” katanya.

Konstrukri rumah disesuaikan dengan lokasi pembangunan. Untuk wilayah kota dibangun permanen, sedangkan pesisir dan gunung menggunakan material kayu.

Selain untuk masyarakat, sebanyak 10 unit rumah juga dibangun untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK). Program rehabilitasi rumah juga dijalankan. Yunus mengungkapkan ada 83 rumah yang direhab dengan dana DAK. Ada juga dana dari provinsi untuk rehab 100 unit rumah.

Dijelaskannya, untuk rehab dana langsung ditransfer ke rekening warga penerima bantuan. Tapi tidak bisa dicairkan. Bank bekerjasama dengan toko bangunan untuk menyediakan material. Dinas membuat rencana anggaran biaya pembangunan dan menyiapkan tukang yang gajinya satu paket dengan bantuan. Tapi gaji tukang pun ditransfer langsung ke rekening.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *