oleh

Pengurus IKBJ Mimika Periode 2021-2024 Dilantik

TIMIKA – Bupati Kabupaten Jayapura Mathius Awaitouw, SE MSi sekaligus Ketua Forum Kepala Daerah TABI melantik dan mengukuhkan Badan Pengurus Ikatan Keluarga Besar Jayapura (IKBJ) Periode 2021-2024 berdasarkan SK Nomor 06/IKBJ-MMK/SK/III/2021 dari hasil Musyawarah Besar IKBJ.

Ketua Umum Swingly Demena dan pengurus dilantik serta dikukuhkan di Cendrawasih Hall Hotel Serayu, Jumat (19/3). Mathius Awaitouw dalam arahannya mengatakan masyarakat TABI dan pengurus IKBJ yang baru dilantik diharapkan bisa ikut mengangkat harkat dan martabat masyarakat pemilik hak ulayat di Kabupaten Mimika. “Tolong ikut mengangkat harkat dan martabat orang Kamoro dan Amungme,” ujarnya.

“IKBJ harus menjadi orang yang terdepan dan tidak boleh ikut-ikutan karena ada kepastian hukum yang kita bawa. UU Nomor 21 tentang Otsus. Nilai adat istiadat jangan sampai dilupakan. Ini pekerjaan sangat berat, ini pembiaran terlalu lama 50 tahun soal masyarakat adat di Papua. Oleh karena itu mempertahankan adat istiadat dan budaya harus dilakukan kembali. Seruan untuk kembali ke adat istiadat ini penting sekali agar tidak termajinalkan,” imbuh dia.

Kepengurusan IKBJ juga sebutnya wajib mendukung peran pemerintah, jangan menjadi supporter yang lebih pintar dari pemain. Harus memberikan support untuk kemajuan daerah ini.

Senada dengan hal itu, Ketua Paguyuban TABI Pdt Alberth Yoku mengatakan kepengurusan TABI ini harus didirikan lagi pilar-pilat yakni pilar agama, adat, perempuan, pemuda, kaum intelek, pengusaha dan paguyuban.

Sementara itu, Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob, SSos MSi mengatakan keberadaan masyarakat Jayapura di Timika sudah benar-benar hidup berdampingan dengan masyarakat di sini.

Dengan wilayah TABI yang terdiri dari 80 suku dan dari Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Keerom, Mamberamo Raya dan Sarmi, masyarakat TABI di Kabupaten Mimika luar biasa, bersama memberikan satu warna untuk Kabupaten Mimika. Pesan untuk ikut bersama-sama masyarakat Kamoro Amungme membangun daerah ini kata Rettob, diharapkan bisa dilaksanakan.

“Keluarga besar Jayapura ini luar biasa. Mereka sudah jadi berkat untuk masyarakat Kamoro dan Amungme. Keluarga Jayapura sudah jadi perintis di sini, sudah sejak Tahun 1950an di sini, terima kasih banyak untuk peran saudara semua. Kita berharap untuk pelantikan ini, saudara satu barisan, kencangkan persaudaraan, kita satu,” jelas Rettob.

Lanjutnya, ia berharap agar masyarakat Jayapura bisa selalu satu hati, bagaimana ikut membangun daerah ini. Masyarakat Jayapura ia harapkan  tetap menjadi mitra pemerintah untuk membangun daerah ini dan ikut berdampingan bersama masyarakat pemilik tanah ini. Pengurus yang sudah dilantik membuat program kerja apa yang akan dilakukan bersama, pertama membangun keluarga TABI dan menjadi mitra pemerintah di tanah ini.

Ada satu hal yang membuat organisasi kemasyarakatan bisa terpecahkan tambah Rettob yakni karena uang, ini tidak boleh terjadi di IKJB, maka kerja sama dan tali persaudaraan di Mimika ini harus terus disatukan.

“Kalian harus menjadi berkat untuk masyarakat di sini dan yang terakhir jangan lupa pulang kampung,” tukasnya.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *