oleh

Wakapolda Sambangi Polisi Pi Ajar dan Spot Pertanian di Mimika

TIMIKA – Wakil Kepala Kepolisian Daerah Papua, Brigjen Pol Eko Sudarto melakukan kunjungan kerja di Mimika dengan mengunjungi sejumlah spot yang dibina Satgas Binmas Noken. Mulai dari Polisi Pi Ajar dan juga spot peternakan dan pertanian.

Brigjen Eko Sudarto di Kwamki Narama, Sabtu (20/3) usai mengunjungi anak-anak yang melakukan kegiatan pembelajaran menjelaskan, Polisi Pi Ajar merupakan salah satu program hasil transformasi dari Polisi Sahabat Anak dan Patroli Sekolah serta Saka Bhayangkara. Hal itu sebagai wujud bahwa polisi hadir dan akrab di dunia pendidikan.

“Khusus di Papua, kita mengembangkan kearifan lokal yakni Polisi Pi Ajar. Konteks sebenarnya ialah bagaimana polisi membangun hubungan dengan generasi masa depan. Yaitu anak-anak. Dengan menekankan pembelajaran yang fun (menyenangkan, red),” katanya.

Hal itu dilakukan agar anak-anak mengetahui bahwa polisi merupakan petugas yang menyenangkan dan helpful (banyak membantu) dan juga membawakan keceriaan bagi anak-anak.

Kedepannya ia berharap semua Polres yang ada di Papua bisa membuat program Polisi Pi Ajar. Ia menyatakan Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata perlu mendapat apresiasi karena selalu mengenalkan kegiatan tersebut. “Kami juga berencana mengembangkan konsep ini dalam pendidikan,” katanya.

Khusus soal pendidikan, ia menilai hal itu adalah barang mahal khususnya bagi masyarakat yang tinggal di Pegunungan Tengah Papua. Tugas pihaknya sebagai aparat yang memiliki fasilitas untuk mengembangkan pendidikan, katanya, termasuk juga untuk mendidik anak bangsa.

“Semangatnya adalah pendidikan dapat diperoleh manapun. Tetapi siapa yang membawa pendidikan itu juga berpengaruh. Jiwa Polri tidak hanya dalam penegakan hukum atau represif, tetapi juga preentiv dan preventif,” tutup Brigjen Eko.(dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *