oleh

YPMAK Susun Visi Misi 20 Tahun Kedepan

TIMIKA – Terhitung sejak 18 Desember 2018 lalu, Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) berubah status menjadi Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK). Kemudian pada 24 Maret 2020, pengurus dibentuk dan aktif.

Meski secara substansi terutama dari sisi program tidak berubah, namun untuk memantapkan rencana dan capaian, YPMAK menyusun visi misi untuk 20 tahun kedepan. Penyusunan visi misi itu melibatkan berbagai unsur mulai dari Pemda Mimika, PT Freeport Indonesia, tokoh adat, tokoh agama, tokoh perempuan dan pihak terkait lainnya.

Perwakilan dari setiap unsur ini mengikuti lokakarya yang digelar selama dua hari di MPCC selama dua hari mulai Selasa (23/3) sampai Rabu (24/3). Dalam 20 tahun kedepan YPMAK mengusung visi dan misi ‘Menuju YPMAK Yang Berkelanjutan’.

Vice President Community Economic Development PTFI, Nathan Kum mengatakan PTFI tetap komitmen dalam melakukan pemberdayaan masyarakat melalui YPMAK. Meskipun status berubah tapi program tetap berjalan terutama untuk tiga program yaitu pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

“Kami harap supaya semua program YPMAK tetap sampai di masyarakat akar rumput,” ujarnya.

Lewat lokakarya kata Nathan Kum, semua pihak duduk bersama untuk tujuan jangka panjang yang disesuaikan dengan kebutuhan YPMAK hingga Tahun 2041 mendatang. Dengan harapan YPMAK sebagai pelaksana bisa menjalankan program secara maksimal.

Sementara itu Direktur YPMAK, Vebian Magal menegaskan YPMAK sebagai salah satu lembaga yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan harus memiliki visi misi bukan hanya untuk sekelompok orang tapi fokus dalam melayani masyarakat.

Vebian juga mengungkapkan bahwa program akan tetap berjalan baik itu pendidikan, kesehatan, ekonomi serta program dukungan sosial lainnya. “Kami jalan dengan tujuan karena dijamin oleh komitmen besar PT Freeport Indonesia,” tandasnya.

YPMAK menggelar lokakarya untuk mendiskusikan mimpi, harapan atau cita-cita yayasan dalam 20 tahun kedepan. Penyusunan visi misi YPMAK melibatkan konsultan tapi dalam perampungannya mengundang semua pihak untuk memberi masukan.

“Sehingga benar-benar kedepan, yayasan beri pelayanan prima kepada masyarakat yang kena dampak langsung. Yayasan bukan saja untuk sekelompok orang tapi mimpi dan harapan bersama itulah yang YPMAK akan wujudkan 20 tahun kedepan,” terang Vebian Magal.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *