oleh

Kadistrik Mimika Barat Akui Banyak Pegawai Tidak Bertugas

TIMIKA – Kepala Distrik Mimika Barat, Ernestina Takati, SSos Kp mendukung kebijakan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH yang mulai menegaskan disiplin pegawai negeri sipil. Sebab ia sendiri mengungkapkan banyak pegawai baik PNS maupun honorer yang tidak pernah ke tempat tugas, khususnya yang ditugaskan di distrik.

Ernestina yang ditemui di kawasan Jalan Budi Utomo, Rabu (24/3) lalu mengungkapkan, sudah menyampaikan ini kepada seluruh pegawai. Karena ia sendiri mengakui yang terjadi di Distrik Mimika Barat dimana banyak pegawai yang tidak pernah ke tempat tugas sejak ia dilantik. Bahkan ketika Musrenbang, ia memerintahkan semua pegawai hadir tapi ternyata tetap tidak semuanya yang hadir. “Jadi saya tidak bisa menyembunyikan kesalahan ASN karena kami harus menjalankan sesuai dengan aturan,” ungkapnya.

Distrik Mimika Barat memiliki 13 orang honorer dan 20 lebih PNS. Termasuk 4 orang kepala seksi, tapi yang aktif hanya dua orang. Sedangkan dua orang lagi masih berada di kota. Kadistrik menyebut ada sekitar 14 orang pegawai yang memang sama sekali belum ke tempat tugas sejak ia dilantik.

Kondisi ini akan dilaporkan Ernestina kepada Sekda Mimika untuk menyampaikan kondisi yang sebenarnya. Bahkan ia sangat menyambut baik jika Sekda melakukan kunjungan ke distrik untuk melihat langsung.

Ia mengungkapkan, saat ini hanya beberapa pegawai yang selalu berada di distrik untuk membantunya menjalankan tugas. Tapi ia memerintahkan seluruh pegawai selalu ada agar aktivitas kantor selalu ada. Minimal kebersihan gedung dan lingkungan kantor tetap terjaga. “Kalau pegawai tidak bekerja, kantor akan jadi kotor di dalam dan di luar halaman jadi hutan,” tandasnya.

Soal sanksi, ia sebenarnya sudah memberikan peringatan sejak awal. Mulai Tahun 2021, ia akan tegas soal kedisiplinan. Pegawai yang tidak bekerja, gajinya ditahan. Bahkan untuk honorer ia langsung beri tindakan tegas, apabila diberi panggilan sampai ketiga kali dan tidak ada respon langsung diberhentikan.

Ernestina sudah menyampaikan pula kepada Sekretaris Distrik untuk membuat surat teguran kepada para PNS. Sebab selama ini alasan tidak ke tempat tugas karena keluarga. “Tapi saya minta karena ini kewajiban. Jangan sampai disaat hak ditahan pasti protes, padahal harusnya malu karena tidak bekerja tapi dibayar,” terangnya. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *