oleh

Polres Mimika Bina Calon Bintara Noken Polri

TIMIKA – Polres Mimika menggelar pembinaan kilat bagi ratusan Calon Bintara Noken Polri, yang akan dilaksanakan selama tiga hari ke depan. Ratusan Calon Bintara Noken Polri itu mulai menerima materi pelatihan, setelah sebelumnya mengikuti upacara pembukaan yang diinspekturi langsung Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata pada Kamis (25/3) sore di Halaman Mapolres di Mile 32.

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata menjelaskan, animo masyarakat menjadi anggota Polri sangat tinggi. Namun kemampuan mereka untuk memahami dan mengikuti tes Polri kadangkala terbatas, seperti halnya dalam ujian. Hal tersebut, berbeda dengan daerah lainnya di luar Papua, yang memiliki tempat latihan dan pembelajaran terkait dengan bagaimana cara masuk Polisi.

“Sehingga untuk mendukung program Kapolri untuk mencari bagaimana polisi yang baik, kita mulai menjaring dan memberikan pelatihan kepada mereka. Sehingga pada saat pelatihan, kita bisa dapatkan polisi yang benar-benar memahami tugasnya,” jelas Kapolres Era Adhinata.

“Ini banyak adik-adik yang dari Papua, dalam hal psikotes, mereka perlu mendapat pemahaman lebih lanjut. Perlu dilatih. Begitu juga dengan fisiknya. Sehingga mereka semua siap untuk mengikuti ujian masuk Bintara Polri,” sambungnya.

Ia menyebut, di Papua sedang ada program Bintara Noken yang khusus untuk masyarakat di Papua, dan khususnya masyarakat Asli Papua. Dengan demikian, pihaknya mendorong agar anak-anak yang berminat masuk Polri dan dilatih sehingga banyak yang lulus. Jumlah keseluruhan peserta yang mengikuti pelatihan ini sendiri berkisar 587 orang. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *