oleh

Dampak Pengambilan Sirtu Satpol PP dan DLH Diminta Rutin Pengawasan

TIMIKA – Menyadari banyak dampak yang ditimbulkan akibat dari pengambilan pasir timbunan (sirtu) di lokasi Galian C, wakil rakyat meminta ada pengawasan yang rutin dilakukan oleh pemerintah melalui dinas teknisnya. Baik Satpol PP maupun Dinas Lingkungan Hidup (DLH) diharapkan dapat bersinergi, untuk melakukan pengawasan di lokasi pengambilan sirtu yakni di Iwaka.

Hal itu diungkapkan Politisi Partai Hanura, Saleh Al Hamid, Sabtu (27/3. Menurutnya, bila melihat dampak dari pengambilan material sirtu. Seperti jalan yang sudah rusak sampai kondisi lingkungan yang juga tidak stabil menyebabkan pemerintah kini harus turun tangan.

Walaupun kewenangan Dinas Pertambangan sudah beralih ke Pemprov Papua, namun Saleh berharap dinas lainnya yang lebih teknis lagi di daerah ini tidak tinggal diam, dan melihat dmapak negatif terus ditimbulkan akibat pengambilan sirtu ini.

“Ada Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup, itu saya harap mereka bisa berkolaborasi melihat dampak dari pengambilan sirtu ini,” ujarnya.

Dikatakannya, dampak dari pengambilan sirtu ini paling banyak merusak akses jalan raya dari area seputaran Mayon. Pemerintah sebutnya harus terus memperbaiki jalan tersebut, karena sering kali berlubang akibat dilewati oleh kendaraan berat yang mengangkut sirtu dan material batu.

Pemerintah tambah Saleh, bisa mencontoh apa yang sudah dilakukan oleh pihak PT Freeport yang tidak membangun jalan aspal menuju ke wilayah pertambangan. Mereka sadar, jalan dengan material aspal akan cepat rusak apabila setiap hari dilewati oleh kendaraan beratnya. Untuk itulah, Freeport hanya menggunakan jalan berkerikil dan berbatu yang tidak akan rusak walaupun diterjang kendaraab berat.

“Coba pemerintah lihat jalan ke tambang Freeport ini yang tidak diaspal, maka ini juga bisa dilakukan. Pemerintah buat satu jalan khusus yang tidak diaspal untuk dilewati kendaraan berat yang bawa material pasir dan batu itu,” imbuh Saleh. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *