oleh

Pesantren Hidayatullah Raih 9 Juara Dalam STQ X 2021

TIMIKA – Pesantren Hidayatullah Timika berhasil meraih 9 juara di masing-masing lomba Seleksi Tilawatil Quran (STQ) X (sepuluh) yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Mimika. Pengumuman para pemenang disampaikan pada Minggu (28/3) di Aula Serbaguna Masjid Babussalam.

Ketua Panitia, Abdul Syakir mengatakan pelaksanaan STQ X tingkat Kabupaten Mimika 2021 sejak 26-28/3 berjalan dengan lancar. Dikatakan, ini merupakan berkah dari kerja keras dan kerja ikhlas sehingga rangkaian acara berjalan dengan lancar mulai hingga penutupan. Baik panitia maupun dewan hakim yang menggunakan sistim penilaian berbasis IT semuanya sebut Syakir, bekerja dengan sangat maksimal sehingga semuanya berjalan dengan lancar. Disebutkanya, para Kafilah yang mendapatkan prestasi dan juara akan mewakili Kabupaten Mimika dalam ajang STQ tingkat Provinsi Papua 2021.

Sementara itu, Wakil Ketua 1 Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Mimika, H Akhrir Iribaram dalam arahannya mengatakan Al-Qur’an bukan hanya dibaca namun juga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Ia mengatakan di STQ maupun MTQ ada tata cara yang perlu diikuti contohnya bidang Hifzil yakni harus tilawahnya terlebih dahulu barulah menghafalnya. Hal ini perlu diperhatikan oleh para guru mengaji agar ke depan, hal ini bisa dimaksimalkan lagi.

STQ lanjutnya adalah ajang yang akan dilakukan setiap dua tahun karena ini memang ajang untuk mendapatkan kafilah perwakilan Mimika untuk ajang MTQ sampai di tingkat nasional.

“Kedepan anak-anak kita bisa lebih baik lagi, maka saya harapkan bapak ibu, para ustadz dan ustadzah, guru ngaji bisa mendukung anak-anak agar mereka bisa tampil lebih maksimal lagi,” jelas Iribaram.

Kepala Kantor Kementerian Agama Mimika, Utler Adrianus mengatakan dalam ajang perlombaan STQ ini ada peserta yang menang dan kalah. Dengan hasil penilaian yang dilakukan oleh dewan hakim dengan berbasis IT, ini adalah satu kemajuan untuk STQ.

Kedepan sebelum perlombaan STQ ada pembinaan kepada anak-anak terlebih dahulu, barulah perlombaan. Ini yang harus diperhatikan oleh pengurus LPTQ.

“Saya harap LPTQ bisa lakukan pembinaan kepada anak-anak barulah diikutkan dalam perlombaan STQ,” ujarnya.

Sekretaris Umum LPTQ Mimika, Ustadz M Ahdin membacakan SK pemenang perlombaan STQ X sesuai SK Nomor 1/DH-STQ/MIMIKA/III/2021 dalam cabang Tilawah dewasa putra, cabang tilawah dewasa putri , cabang tilawah golongan anak putra dan cabang tilawah putri. Golongan 1 juz putra, golongan 1 juz putri, golongan 5 juz putra, golongan 5 juz putri, golongan 10 juz putra, golongan 10 juz putri. Di mana, pada perlombaan ini paling banyak dipegang oleh Yayasan Hidayatullah yang mendapat 9 juara dalam masing-masing kategori lomba.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *