oleh

Pemda Mulai Tegakkan Perda Sampah

TIMIKA – Lemahnya penegakan Peraturan Daerah (Perda) tentang sampah membuat penanganan kebersihan di Mimika belum optimal. Untuk itu Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH akan menerbitkan instruksi tentang kebersihan lingkungan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika, Michael Gomar, SSTP MSi kepada wartawan Selasa (30/3) mengungkapkan instruksi itu akan ditujukan kepada semua kalangan mulai dari lingkungan tempat tinggal, tempat usaha, fasilitas umum termasuk jalan.

“Pemda Mimika akan mengeluarkan instruksi bupati mewajibkan seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan baik dari tingkat rukun tetangga, kelurahan, distrik dan fasilitas umum termasuk jalan raya,” katanya.

Dengan diterbitkannya instruksi ini maka menurut Sekda, semua warga Mimika wajib melaksanakan. Untuk pelaksanaannya akan dilakukan oleh OPD teknis seperti Dinas Lingkungan Hidup bersama para kepala distrik, Satpol PP, lurah dan RT di masing-masing wilayah.

Perda tentang sampah kata Sekda sudah ada. Ia akan memerintahkan Satpol PP untuk melakukan patroli pengawasan sehingga masyarakat bisa taat dan patuh dalam membuang sampah. Dimana tempat pembuangan sementara sudah ditentukan dan juga waktu pembuangan hanya pada pukul 18.00 sore sampai 06.00 pagi.

Tantangan terbesar penanganan sampah menurut Sekda adalah kesadaran masyarakat yang masih sangat kurang. Sampah masih dibuang di sembarang tempat termasuk di median jalan dan trotoar.

“Kita akan memberikan sanksi, hanya saja langkah awal yang dilakukan dengan memberikan sosialisasi, secara persuasif, pemahaman yang baik secara humanis kepada masyarakat,” ungkapnya.

Sekda mengajak seluruh masyarakat untuk mewujudkan Mimika bersih karena dalam waktu dekat akan digelar dua agenda besar yakni PON dan Pesparawi.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *