oleh

34 Orang Yang Terjebak di Pulau Tak Berpenghuni di Asmat Selamat

TIMIKA – Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, George Leo Mercy Randang, SIP MAP melalui Humas SAR Timika, Muhammad memastikan 30 lebih orang yang dilaporkan terjebak di sebuah pulau tak berpenghuni di Kabupaten Asmat, berhasil dievakuasi dan dipastikan kesemuanya selamat. Orang-orang tersebut dipastikan telah kembali ke keluarganya setelah dua kali dilakukan evakuasi.

Sebelumnya, 30 orang dilaporkan terjebak di sebuah pulau tak berpenghuni di Kabupaten Asmat, pada Sabtu (3/4) sekitar pukul tiga sore. Hal ini pertama kali dilaporkan anggota Polairud Polres Asmat bernama Bayu kepada Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, melalui Pos Pencarian dan Pertolongan Asmat.

Diceritakan, permintaan evakuasi berasal dari salah satu korban yang mencoba menghubungi keluarganya, bahwa ia dan sejumlah orang terjebak di sebuah pulau tak berpenghuni. Ia meminta kelurganya tersebut melapor ke Pos Pencarian dan Pertolongan Asmat, agar dievakuasi lantaran khawatir adanya badai disusul air pasang dan hujan deras.

Muhammad menuliskan, Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Asmat, Riono, langsung memerintahkan personel Rescuer Pos Pencarian dan Pertolongan Pos Asmat menggunakan Rib 85 PK dan perahu karet 25 PK, menuju lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi terhadap seluruh korban.

Proses evakuasi juga disebut dilakukan bersama dengan keluarga korban yang terjebak di pulau tak berpenghuni tersebut. Di mana evakuasi baru berhasil diselesaikan pada Minggu (4/4) pukul 03.00 WIT usai menjemput dan mengantar para korban sebanyak dua kali.

“Dengan ditemukannya seluruh korban tersebut, maka operasi SAR diusulkan ditutup,” tulis Muhammad.

Muhammad juga menuliskan, agar masyarakat harus lebih aktif melakukan pengecekan data prakiraan cuaca dari BMKG, serta belajar memahami kondisi cuaca di wilayah sendiri. Hal itu, agar setiap orang dapat mengantisipasi rencana beraktivitas bersama keluarga khususnya dalam hal pelayaran.

Adapun nama-nama korban yang tercatat oleh Pos Pencarian dan Pertolongan Asmat ialah Nama nama korban (1) Irwan, (2) Erna, (3) Ratna, (4) Irma, (5) Najwa, (6) Ardi, (7) Azwar, (8) Umi, (9) Sahrul, (10) Hamid, (11) Kasma, (12) Masnah, (13) Andika, (14) Toba, (15) Rijrul, (16) Ardimonti, (17) Chandra, (18) Resa, (19) Fitri, (20) Yunus, (21) Rian, (22) Salim, (23), Masi, (24) Putra, (25) Naila, (26) Najua, (27) Kara, (28) Rani, (29) Amel, (30) Julia, (31) Aldi, (32) Risky, (33) Joko, (34) Ardi. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *