oleh

Bantuan Bus untuk PON Menunggu Dikirim

TIMIKA – Sekitar enam bulan lagi, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang tertunda pelaksanaanya akan digelar pada Oktober 2021 mendatang. Berbagai persiapan sudah dilakukan terutama pembangunan venue. Sarana prasarana penunjang juga dipersiapkan salah satunya transportasi bagi para atlet. Pemerintah pusat sudah menyiapkan 428 unit bus untuk disebar ke setiap klaster termasuk Mimika.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua, Reky Ambrauw yang ditemui Rabu (31/3) lalu mengatakan untuk transportasi sudah dibicarakan dengan Kementerian Perhubungan. “Sudah selesai, tinggal proses pengiriman. Kami masih menunggu,” katanya.

Total ada 428 unit bus yang akan didistribusikan Kemenhub. Itu terdiri dari 217 unit minibus baru, sisanya sewa yang nanti bakal dibawa kembali oleh Kemenhub. Sementara untuk 217 unit menjadi bantuan bagi Papua. “Nanti keputusan ada di Gubernur yang hibah ini kira-kira bagaimana kita belum tahu karena PON selesai dulu baru dibicarakan,” jelasnya.

Tapi yang jelas dikatakan Reky, tidak ada masalah bantuan bus untuk 4 klaster. Bus dari Kemenhub nantinya akan dikirim langsung ke masing-masing klaster yakni Timika, Merauke dan Jayapura.

Selain menyiapkan alat transportasi, Dishub Papua bersama Dishub Kabupaten Mimika juga telah menggelar rapat menyangkut fasilitas keselamatan jalan yang mendukung pelaksanaan PON di Mimika. “Dalam arti jalan yang akan dilalui dari penginapan menuju venue. Kami akan lihat fasilitas pendukung keselamatan jalan yang harus dibenahi lagi atau dilengkapi,” katanya.

Hal ini kata Reky, sekaligus untuk menghitung kebutuhan armada nantinya. Dikhawatirkan ada kendaraan yang tidak bisa digunakan karena menyangkut kesiapan jalan terutama keselamatan jalan.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *