oleh

Penentuan Awal Ramadan 1442 H Masih Menunggu Keputusan Pempus

TIMIKA – Penentuan awal Ramadan 1442 Hijriyah belum bisa dipastikan karena masih menunggu keputusan Pemerintah Pusat. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mimika, Ustadz H M Amin AR, SAg, Senin (5/4).

Ustadz Amin menyatakan pada point pertama Pemerintah RI melalui Kementerian Agama memutuskan bahwa sidang Isbat atau penetapan awal Ramadan  1442H akan digelar pada 12 April 2021 secara daring dan luring.

Kedua, sidang Isbath dilakukan sesuai fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 Tentang Penetapan Awal Ramadan , Syawal dan Zulhijjah.

Selanjutnya point ketiga sidang Isbath selalu digelar pada tanggal 29 bulan sebelumnya pada kalender Hijriyah. Contoh Sidang Isbath awal Ramadan  digelar pada 29 Syakban, awal Syawal 29 Ramadan .

Point keempat, secara Hisab (hitungan) posisi hilal awal Ramadan  1442H sudah diatas ufuk berkisar antara 2° 37 menit sampai 3° 36 menit. Hasil Hisab kemudian dikonfirmasi melalui Rukyatul Hilal yang akan digelar di 86 titik pantau di seluruh Indonesia.

Point kelima, penetapan 1 Ramadan  1442H tetap menunggu keputusan pemerintah melalui sidang Isbath Kementerian Agama RI.

Keenam, tetap menjaga Protokol Kesehatan (Prokes) yakni Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *