oleh

Honor Ketua RT dan Penanganan Banjir Jadi Usulan Warga Kelurahan Inauga

TIMIKA – Pertanyaan soal honor ketua-ketua RT yang baru dilantik oleh bupati serta masalah penanganan banjir mengemuka dalam usulan warga dalam agenda Reses Tahap I Tahun 2021, di Kantor Kelurahan Inauga, Distrik Wania, Jalan Sam Ratulangi Gang Ketapang, pada pekan lalu yang dilaksanakan oleh Anggota DPRD, Leonardus Kocu.

Dihadapan warga, Leonardus mengatakan ia tidak bisa menjanjikan semua aspirasi bisa diakomodir melainkan harus dilihat dari nilai prioritas dan menjawab kebutuhan warga. Ia merinci beberapa hal yang menjadi prioritas perhatiannya adalah mengenai honor ketua RT yang diperjuangkan akan menyesuaikan dengan upah minimum UMP. Ia menilai peran RT sebagai ujung tombak pemerintah karena langsung menyentuh segala dinamika warga di akar rumput. Selain itu penanganan banjir yang menjadi masalah klasik juga menjadi perjuangan mayoritas Dewan.

Ada juga aspirasi kegiatan pemberdayaan ekonomi warga dan program peningkatan kapasitas generasi muda sehingga bisa produktif dan tidak terjerumus pergaulan yang buruk.

Ia tidak bisa menjanjikan semua aspirasi bisa diakomodir melainkan harus dilihat dari nilai prioritas dan menjawab kebutuhan warga. Ia merinci beberapa hal yang menjadi prioritas perhatiannya adalah mengenai honor ketua RT yang diperjuangkan akan menyesuaikan dengan upah minimum UMP.

Ia menilai peran RT sebagai ujung tombak pemerintah karena langsung menyentuh segala dinamika warga di akar rumput. Selain itu penanganan banjir yang menjadi masalah klasik juga menjadi perjuangan mayoritas Dewan. Ada juga aspirasi kegiatan pemberdayaan ekonomi warga dan program peningkatan kapasitas generasi muda sehingga bisa produktif dan tidak terjerumus pergaulan yang buruk.

Ketua Fraksi Mimika Bangkit ini mengungkapkan kendati aspirasi yang diserapnya itu terbatas untuk diakomodir sehubungan dengan masa pandemi Covid-19, namun ia berkomiten dalam jangka panjang akan menindak-lanjuti aspirasi itu menuangkannya dalam pokok pikiran (Pokir) Dewan serta turut mendorong OPD teknis pemerintah agar  mengakomodir kebutuhan warga sehingga program yang dijalankan pemerintah tepat pada sasaran.

Adapun sejumlah aspirasi program yang diserahkan dari Kelurahan Inauga yang berisi 18 RT itu di antaranya, di bidang Fispra yaitu : peningkatan infrastruktur jalan pemukiman warga, pembuatan drainase saluran air, jembatan, pembangunan pustu, pembangunan kantor Lurah 2 lantai, pengadaan tanah tempat pembuangan sampah sementara, pemeliharaan badan jalan wilayah kelurahan, normalisasi got sepanjang jalan, serta upah ketua RT menyesuaikan UMP. Selanjutnya sspirasi di bidang ekonomi yaitu : bantuan bagi pengrajin noken Mama-mama Papua, dan bantuan usaha peternakan kelompok warga. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *