oleh

Pemerintah Sediakan Anggaran Rp 100 M untuk Kabulkan Pokir Dewan

TIMIKA – Berbagai usulan yang disampaikan langsung oleh masyarakat dalam setiap agenda Reses para wakil rakyat yang dilakukan dua kali dalam setahun, dijawab oleh pemerintah. Tidak tanggung-tanggung, di Tahun 2021 ini, pemerintah mengalokasikan anggaran sampai Rp 100 miliar untuk mengakomodir usulan masyarakat yang diajukan oleh para wakil rakyat lewat Pokok Pikiran (Pokir) mereka.

Dengan anggaran Rp 100 milyar ini, Pokir ke 35 Anggota DPRD akan dilaksanakan secara teknis lagi dengan program-program kerja yang ada di dinas-dinas teknis lingkup Pemda Mimika.

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Mimika, Yohanis Felix Helyanan, Jumat (9/4) mengatakan dalam agenda Musrembang RKPD 2021, bupati secara langsung menyampaikan jika pihaknya memplotkan anggaran RP 100 M untuk mengakomodir usulan dewan.

“Bupati sudah memplotkan 100 M untuk Pokir dewan, beliau sudah menyatakan dalam forum (Musrembang RKPD),” jelasnya.

Selama ini sebut Jhon Tie, para dewan yang langsung mendapat usulan dari masyarakat lewat agenda Reses ini sudah diberi lampu hijau oleh bupati. Rp 100 M ini akan digunakan untuk membiayai program yang sesuai dengan Pokir dewan.

Namun disebutkan Jhon Tie, lewat anggaran ini dewan bukan menyampaikan hal ini dalam bentuk kegiatan. Di mana, para dinas teknis seperti Dinas Kesehatan atau Dinas Pendidikan yang akan membuat program. Dewan sendiri yang mengusulkan Pokir dari kunjungan reses ini akan dicocokan dengan program kerja dinas.

“Dewan menyampaikan kesulitan di daerah itu, tapi nanti yang membuat program kegiatan ini dari pihak eksekutif, dewan menyampaikan keprihatinan di daerah-daerah, dan yang menentukan program ini dinas-dinas teknis,” jelasnya.

Program yang akan dilaksanakan sendiri dengan anggaran Rp 100 M ini tambahnya baru akan terwujud di Tahun 2022. Sementara untuk tahun 2021 ini dewan juga berharap aspirasi masyarakat yang diusulkan lewat Pokir ini juga diantaranya bisa terjawab. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *