oleh

Wabup Sambut Pelayaran Perdana KMP Satya Kencana II

TIMIKA – Kabupaten Mimika kini mendapat tambahan moda transportasi laut untuk mobilitas penumpang maupun barang dengan beroperasinya KMP Satya Kencana II yang menghubungkan Saumlaki-Dobo-Pomako dan sebaliknya.

Kapal yang dioperasikan PT Dharma Dwipa Utama dan dinahkodai Tri Rahman Saleh ini berlabuh pertama kalinya di Pelabuhan ASDP Pomako, Jumat (9/4) dan disambut oleh Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, SSos MM didampingi Kepala Dinas Perhubungan Mimika, Jania Basir Rantedanun.

Wabup Mimika, Johannes Rettob mengatakan masyarakat Mimika sangat mengharapkan adanya kemajuan pembangunan termasuk pelayanan jasa pada bidang transportasi darat khususnya jasa angkutan sungai dan penyebrangan untuk menjamin adanya pertumbuhan ekonomi.

Untuk itu ia sangat menyambut baik adanya layanan yang dihadirkan oleh Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan PT Dharma Dwipa Utama yang menjalankan subsidi angkutan penyeberangan perintis pada lintasan Saumlaki-Dobo, Dobo-Timika, Dobo-Mariasi, Dobo-Koijabi dan Dobo-Lamerang pada Tahun 2021.

Dengan beroperasinya KMP Satya Kencana II pada lintas Dobo-Timika dikatakan Wabup, dapat mempermudah dan memperluas akses transportasi dalam pelayanan kebutuhan masyarakat baik penumpang, barang dan kendaraan baik masuk dan keluar Timika. “kita berharap layanan ini tetap beroperasi dan konsisten,” tandasnya.

Direktur PT Dharma Dwipa Utama, Gede Maharta mengungkapkan kapal yang dioperasikan berukuran panjang 65,8 meter dan lebar 13,8 meter. Kapasitas penumpang yang bisa diangkut 450 orang dan kendaraan 44 unit. Kapal memiliki fasilitas AC di seluruh ruangan, tempat tidur ekonomi, musalah dan ruang medis.

Dari sisi keselamatan, KMP Satya Kencana II dilengkapi peralatan navigasi. Untuk lintas Timika-Dobo akan dilayani sekali dalam dua minggu secara terjadwal. Adapun waktu tempuh Timika-Dobo selama 19 jam bahkan bisa lebih cepat.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *