oleh

MUI gelar Tarhib Ramadan 1442 Hijriyah

TIMIKA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mimika mengadakan kegiatan Tarhib (sambut) Ramadan 1442 Hijriyah. Tarhib Ramadan yang dihadiri Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob, anggota DPRD dan pimpinan Ormas Islam ini, diadakan di Aula Masjid Ar Rahman, Sabtu (10/4).

Dalam agenda Tarhib Ramadan 1442 Hijriyah Tahun 2021 ini, Umat Muslim di Kabupaten Mimika boleh berbahagia sebab tahun ini bisa melaksanakan salat tarawih. Jika tahun 2020 lalu, salat tarawih masih dibatasi karena masa pandemi Covid-19 yang tinggi, kini di Ramadan kali ini, hal ini tidak terjadi setelah pemerintah pusat memberikan lampu hijau soal ibadah selama Ramadan namun dengan syarat tetap mematuhi penerapan Protokol Kesehatan (Prokes).

Ketua MUI Mimika, Ustadz H M Amin AR, SAg mengatakan walaupun sudah mendapat lampu hijau soal aktivitas yang dapat dilaksanakan selama masa Ramadan, namun ia berharap umat Islam tetap melihat segala keprihatinan di masa Covid-19.

“Kami harapkan umat Islam tetap patuh pada Prokes, hampir setiap masjid yakni di 74 masjid bersedia untuk menerapkan Prokes dalam pelaksanaan salat tarawih di bulan Ramadan tahun ini,” ujar Ustadz Amin.

Senada dengan hal itu, Wakil Bupati Johannes Rettob mengatakan di masa Covid-19 ia bersyukur karena semua masyarakat masih sehat dan bisa menyambut Ramadan tahun ini. Sebab pada tahun lalu, semua umat tidak bisa melaksanakan ibadah sesuai agamanya masing-masing, termasuk umat Muslim yang tidak bisa melaksanakan ibadah di bulan Ramadan. Ini situasi yang sangat berbeda.

“Tapi kita boleh berbahagia tahun ini dengan surat resmi yang telah dikeluarkan oleh Kemenag bahwa tahun ini umat Islam boleh melaksanakan salat tarawih, tetapi tetap memperhatikan Prokes. Pembatasan 50 persen jumlah umat yang beribadah di masjid,” jelasnya.

Pemerintah Pusat juga kata Wabup Rettob, sudah mengeluarkan himbauan yakni ceramah agama, ukhuwah Islamiyyah serta tidak berkaitan dengan membelah persatuan umat, memperkuat nilai keimanan dan ketaqwaan, Akhlakul Karimah dan nilai kebangsaan sesuai tuntutan Al Qur’an dan as Sunnah.

Masuk di bulan Ramadan ini Wabup Rettob mengajak seluruh umat untuk menunjukan sikap toleransi terhadap umat Muslim yang sedang menunaikan ibadah puasa dan serangkaian ibadahnya. Umat agama lain ia harapkan agar bisa tertib dan aman serta ikut menjaga Kamtibmas sampai hari raya Idul Fitri. Hal yang sama juga akan dilakukan oleh Umat Muslim di hari-hari besar agama yang lain, agar pada perayaan hari-hari besar keagamaan di Kabupaten Mimika bisa terus aman, damai dan tertib.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *