oleh

Bupati Tutup Lokasi Galian C Selain di Iwaka

TIMIKA – Menyikapi maraknya galian C ilegal yang masih beroperasi di sekitar Kota Timika terutama di wilayah Kelurahan Timika Jaya sampai di Kampung Ninabua, Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE MH langsung mengeluarkan Instruksi Nomor 5 Tahun 2021 tetntang Larangan Melakukan Penggalian Material Mineral Bukan Logam dan Batuan (Galian C) di Kabupaten Mimika.

Instruksi itu didasarkan pada Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Mimika Nomor 15 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Mimika yang menetapkan kawasan peruntukan pembangunan kawasan untuk pertambangan Galian C hanya di kali Iwaka.

Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja, Paulus Dumais yang ditemui di kantornya, Selasa (13/4) kemarin mengatakan sebelum adanya instruksi, pihaknya sudah berulang kali menegur pengusaha yang masih bandel dengan melakukan penggalian.

Tapi dengan adanya Instruksi Bupati ini maka menurut Paulus, akan menjadi dasar bagi Satpol PP untuk mengambil tindakan. Sebab sanksi sudah ditetapkan yakno pencabutan izin usaha, penyitaan alat yang digunakan melakukan penggalian dan sanksi lain. “Kita sudah suruh tutup, berhenti beroperasi. Tapi ada yang masih sengaja jadi saya perintahkan anggota tunggu di lapangan. Kalau tidak, alat beratnya kita sita,” ujarnya.

Setidaknya ada tiga titik lokasi galian C yang menurut Paulus beroperasi di sekitar SP 2 baik di kali Jembatan Selamat Datang hingga di belakang kantor Disperindag. Modusnya, melakukan normalisasi sungai tapi yang terjadi di lapangan adalah mengeruk sampai di pinggiran sungai yang mengakibatkan tanah di sepanjang sungai jadi longsor dan mengancam bangunan milik masyarakat.

“Yang di sungai dekat Jembatan Selamat Datang yang lebih bandel. Kalau dua di belakang kantor Disperindag sudah tutup,” katanya.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *