oleh

Masih Pakai Sinovac, Mimika Belum Kebagian Vaksin Jenis Lain

TIMIKA – Vaksinasi Covid-19 di Mimika masih terus berlangsung. Kali ini masih menyasar petugas publik. Vaksinasi di Indonesia menggunakan dua jenis vaksin Corona yaitu vaksin Sinovac dan AstraZeneca. Tapi di Mimika masih menggunakan Sinovac.

Sekretaris Dinas Kesehatan Mimika, Marselino Mameyao yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa (13/4) kemarin, mengatakan sampai saat ini vaksinasi di Mimika bahkan Papua masih menggunakan Sinovac dengan multidosis. Sementara jenis vaksin lain seperti AstraZeneca belum didistribusikan ke Papua. “Sementara masih pakai Sinovac yang multidosis. Vaksin jenis lain belum ada,” katanya.

Mareslino mengungkapkan pasokan vaksin dari pusat melalui provinsi juga sempat mengalami kendala hingga membuat keterlambatan pemberian vaksin dosis kedua bagi petugas publik yang sebelumnya sudah mendapatkan dosis pertama.

Beberapa hari lalu kata dia, stok vaksin sempat habis tapi sekarang sudah kembali tersedia sehingga vaksinasi dosis kedua sudah bisa dilakukan. Menurutnya, ini tidak jadi kendala karena pemberian vaksin dosis pertama dan dosis kedua bisa dilakukan dalam interval 28 hari.

Dengan stok yang ada sekarang maka Dinkes Mimika akan mengupayakan seluruh penerima dosis pertama bisa mendapatkan dosis kedua. Itu dimulai dari anggota TNI dan Brimob sejak Senin (12/4) lalu. Kemudian pada 19-21 April mendatang akan dilanjutkan dengan pemberian dosis kedua bagi ASN dan non ASN.

Marselino tidak mengetahui secara pasti sudah berapa banyak dosis vaksin yang sudah didistribusikan ke Mimika. Begitu pula dengan cakupan. Tapi dari target sekitar 39 ribu orang kata dia sudah sekitar 60 persen sudah divaksin.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *