oleh

Komisi B Dorong PAD Setiap Tahunnya Ditingkatkan

TIMIKA – Komisi B DPRD Kabupaten Mimika mendorong Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) untuk terus menaikan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) setiap tahunnya. Selain mendorong PAD ditingkatkan, Komisi B juga berharap sumber-sumber pendapatan yang belum digali, bisa dimanfaatkan sehingga PAD di daerah ini bisa meningkat.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi B Rizal Pata’dan, Rabu (14/4) usai berdialog bersama para anggotanya dan jajaran Bapenda dalam agenda Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi B di Kantor Bapenda.

Rizal Pata’dan mengatakan di Kabupaten Mimika ini masih banyak potensi pajak yang belum digali. Untuk meningkatkan PAD, memang potensi-potensi pajak perlu dimaksimalkan oleh dinas-dinas teknis lainya selain Bapenda sendiri. Namun, yang menjadi catatan Komisi B juga sebut Rizal, bukan saja meningkatkan potensi pajak saja, namun pemerintah juga harus memaksimalkan sarana dan prasarana penunjang yang memadai.

“Kami harapkan PAD kita ini ditingkatkan, dengan potensi pajak kita yang banyak belum digali, kita juga perlu memperhatikan pengembangan infrastruktur yang memadai sehingga ke depan bukan cuma kita mengandalkan pendapatan dari Freeport, tetapi di sektor lain kita juga bisa mendapatkan pendapatan kita untuk membiayai kebutuhan daerah ini,” jelasnya.

Menanggapi usulan Komisi B DPRD soal peningkatan PAD setiap tahunya, Kepala Bapenda, Drs Dwi Cholifah, MSi mengatakan setiap tahunya untuk pajak dan retribusi pihaknya selalu berupaya bekerja semaksimal mungkin. Seperti pada bidang retribusi, Bapenda selalu memasukan rincian target masing-masing dinas teknis.

Lanjutnya, untuk meningkatkan PAD juga, pihaknya berharap dengan koordinasi bersama Komisi B sebagai mitra, bisa melihat setiap dinas teknis yang bisa berpeluang untuk mendapatkan pendapatan. Dinas teknis yang terkait dengan pendapatan ini harus juga difasilitasi dengan sarana penunjang agar pendapatan bisa diraih. Seperti pada Dinas Perikanan yang harus diberikan fasilitas penunjang di PPI Poumako. Nantinya dengan fasilitas inilah, akan mendapatkan PAD dari sektor perikanan di PPI Poumako.

Selain Dinas Perikanan, ada dinas lain seperti Dinas Peternakan, Pertanian, Perhubungan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga yang juga diharapkan bisa terus membawa pendapatan bagi daerah ini.

“Kita bangun fasilitas itu akan bisa menghasilkan pendapatan, dinas teknis usulkan kegiatan apa yang nantinya bisa menghasilkan pendapatan, kalau dibangun itu nantinya bisa menghasilkan pendapatan bagi daerah ini,” imbuh Dwi. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *