oleh

CSR PT Srikandi Mitra Karya Tanggung Iuran BPJAMSOSTEK 100 OAP

TIMIKA – Sebagai salah satu badan usaha yang beroperasi di Mimika, PT Srikandi Mitra Karya terus aktif dalam melakukan kegiatan sosial. Kali ini lewat program Corporate Social Responsibility (CSR), PT Srikandi Mitra Karya menyisihkan sebagian dari keuntungannya untuk menanggung iuran BPJS Ketenagakerjaan bagi 100 orang asli Papua yang merupakan pekerja bukan penerima upah.

Sebanyak 100 orang asli Papua sudah didaftarkan dan kartunya, diserahkan Kamis (29/4) oleh Direktur Utama PT Srikandi Mitra Karya, H Abdul Wahid Achberia didampingi Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mimika, Verry K Boekan serta pihak manajemen PT Srikandi Mitra Karya, Rahmat.

Direktur Utama PT Srikandi Mitra Karya, H Abdul Wahid Achberia mengatakan, ini sudah menjadi komitmen PT Srikandi Mitra Karya sebagai perusahaan yang beroperasi di Mimika untuk memberi manfaat langsung kepada masyarakat asli Papua.

Ia mengatakan, selama ini perusahaan aktif dalam menjalankan program CSR. Diantaranya penyaluran bantuan sembako kepada korban bencana alam, bantuan pendidikan dan donor darah. Kali ini PT Srikandi memberikan jaminan sosial kepada masyarakat asli Papua dengan cara menanggung iuran BPJSAMSOSTEK selama setahun.

“Ini bentuk kepedulian dan komitmen kami sebagai perusahaan yang beroperasi di Mimika untuk memberi manfaat kepada masyarakat asli Papua di Mimika. Semoga manfaatnya bisa dirasakan dan kami berkomitmen untuk terus meningkatkan manfaat yang diberikan kepada daerah ini,” katanya.

Ketua Panitia CSR PT Srikandi Mitra Karya, Rahmat menambahkan untuk program ini, pihaknya mendata masyarakat OAP di beberapa tempat seperti Pomako, Koperapoka dan beberapa tempat lainnya untuk didaftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang iurannya ditanggung oleh PT Srikandi Mitra Karya.

Ada 100 orang yang didaftarkan untuk dua program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian. Sehingga ketika masyarakat yang berprofesi sebagai pedagang, petani dan lainnya itu bisa terlindungi dan mendapatkan manfaat.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mimika, Verry K Boekan menambahkan sangat mengapresiasi PT Srikandi Mitra Karya yang sudah mengimplementasikan Perda Nomor 4 Tahun 2019 tentang perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Dimana Perda itu menugaskan BPJAMSOSTEK untuk berkoordinasi dengan badan usaha agar menyisihkan keuntungannya membantu masyarakat asli Papua di Mimika dalam hal memberi perlindungan sosial kepada pekerja rentan.

Verry mengatakan ini merupakan momen yang sangat baik karena dilakukan bertepatan dengan bulan ramadan. Dimana PT Srikandi Mitra Karya telah menjalankan tugas kemanusiaan dengan memberi perlindungan kepada masyarakat asli Papua.

Ia juga mengajak PT Srikandi Mitra Karya untuk bisa membangun kerjasama dengan BPJAMSOSTEK dalam menjalankan manfaat jaminan kehilangan pekerjaan. Sebab Mimika belum memiliki Balai Latihan Kerja (BLK). Sementara sesuai amanat Peraturan Pemerintah, pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja bisa mendapatkan manfaat jaminan kehilangan pekerjaan, tapi harus mengikuti pelatihan supaya bisa meningkatkan kemampuan atau skill untuk bekerja atau berwirausaha sendiri. “Kami berharap Srikandi Mitra Karya bisa jadi BLK utama dan kita sama-sama jalankan misi kemanusiaan,” ujarnya.

Adapun manfaat yang akan diterima oleh 100 orang masyarakat asli Papua yang didaftarkan oleh PT Srikandi Mitra Karya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan adalah jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

Dimana ketika peserta mengalami kecelakaan kerja maka seluruh biaya mulai dari transportasi, biaya pengobatan akan ditanggung oleh BPJAMSOSTEK. Jika mengalami cacat juga diberi santunan berdasarkan hitungan dokter. Jika meninggal dunia karena kecelakaan kerja diberi santunan 48 kali penghasilan yang dilaporkan dan beasiswa bagi dua orang anaknya.

Sementara untuk jaminan kematian, peserta yang meninggal diluar pekerjaan mendapatkan santunan Rp 42 juta. Selain manfaat itu, peserta juga bisa menikmati manfaat tambahan berupa diskon di sejumlah mitra merchant BPJAMSOSTEK. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *