oleh

Progres APBD Belum Mencapai 30 Persen

TIMIKA – Menjelang akhir semester pertama Tahun Anggaran 2021, pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Mimika belum maksimal. Dalam rapat evaluasi APBD 2021 yang dipimpin Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH di Hotel Horison Diana Timika, Senin (10/5) kemarin, dilaporkan progres belum mencapai 30 persen.

Rapat monitoring evaluasi yang difasilitasi Bappeda Mimika itu dipimpin Bupati Eltinus Omaleng didampingi Sekda Mimika, Michael Gomar, SSTP MSi dan Kepala Bappeda, Ir Yohana Paliling, MSi. Turut hadiri pimpinan OPD, kepala distrik dan perwakilan kelurahan. Pertemuan tertutup dari media dan berlangsung selama lima jam lebih.

Sekda Mimika, Michael Gomar yang ditemui usai pertemuan mengatakan monitoring evaluasi dilakukan untuk mengetahui capaian program Tahun 2021 yang sudah tertuang dalam APBD. Progresnya sendiri belum mencapai 30 persen baru sekitar 20 persen lebih.

Capaian masih rendah karena pelaksanaan kegiatan fisik baru dalam tahap pelelangan. Sementara kegiatan swakelola atau non fisik sudah sebagian besar dijalankan. “Kita berharap di Bulan Juni, sudah ada progress yang lebih baik lagi dibanding triwulan pertama atau memasuki triwulan kedua. Bulan Juni kegiatan fisik sudah jalan,” jelasnya.

Sementara untuk keuangan sendiri, dari sisi penerimaan Pemda Mimika masih menunggu transfer dari pusat terkait dana perimbangan dan juga Dana Alokasi Umum serta sumber penerimaan lainnya untuk menopang belanja daerah.

Bupati dikatakan Sekda, mendorong percepatan pelaksanaan kegiatan terutama yang merupakan kebutuhan PON dan Pesparawi. Dimana sebagian besar kegiatan dijalankan oleh Dinas PUPR, Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan. Juga Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan yang harus didorong untuk segera melaksanakan kegiatan dalam rangka menyambut PON dan Pesparawi.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *