oleh

500 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Dua Hari Besar

TIMIKA – Personel gabungan dari TNI-Polri, Senkom, Dinas Perhubungan, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan sejumlah satuan lain dikerahkan untuk mengamankan sejumlah wilayah dalam peringatan dua hari besar sekaligus yakni Idul Fitri dan Kenaikan Isa Al Masih, Kamis (13/5).

Sebelumnya, Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata memimpin apel gabungan yang dilaksanakan pada Rabu (12/5) sore di Sentra Pelayanan Polres Mimika dan dihadiri komandan satuan TNI-Polri di Timika.

Kapolres Era Adhinata usai gelaran apel menyatakan, pengamanan dilakukan mulai malam hari utamanya di jalanan dan tempat perbelanjaan termasuk sejumlah tempat lain yang diduga memunculkan kemacetan.

“Pengamanan dilakukan untuk masyarakat yang mempersiapkan diri melaksanakan ibadah Idul Fitri 1442 H, dan kita juga mengamankan kegiatan ibadah Kenaikan Isa Al Masih,” ujarnya.

“Kita harapkan dari malam itu bisa berjalan aman. Sehingga besoknya, pelaksanaan salat bisa terlaksana dengan baik,” sambung Kapolres.

Ia mengatakan, pihaknya bersama TNI telah mempersiapkan tugas pengamanan. “Seperti biasa, kita perkuatan ada sekitar 500 personel dibantu dengan Pamswakarsa yang ada di Timika,” ungkapnya.

Untuk pengamanan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mimika, di mana saja titik-titik pengamanan sebaiknya dilakukan. Namun tidak menutup kemungkinan ada beberapa lokasi lain, yang dijadikan tempat ibadah salat Id dikarenakan tempat yang tersedia tidak cukup untuk menampung jemaah salat Id.

Sebelumnya, pada malam pengamanan malam takbiran, ia memastikan ada delapan pos yang dijadikan titik pengamanan. Selain itu, ia juga menegaskan untuk pawai takbiran tidak diizinkan. Masyarakat disebutnya sebaiknya melaksanakan takbir di masjid masing-masing. “Sesuai dengan anjuran pemerintah,” tutupnya. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *